Rabu, H / 25 Mei 2022

Hasil Analisis Fokus BUMN Terhadap 6 Area Kesadaran Organisasi

Rabu 03 Nov 2021 08:26 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Dalam rangka membantu meningkatkan kinerja di BUMN, ACT Consulting International kembali melakukan riset pemetaan dan pengukuran indeks kesehatan budaya kerja terhadap implementasi Core Values AKHLAK BUMN, hingga awal November 2021 ini. ACT Consulting International telah melakukan pemetaan dan pengukuran terhadap 91 BUMN serta anak perusahaan (anper) menggunakan metode ACHI (AKHLAK Culture Health Index).

Dengan metode tersebut, bisa diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan di dalam korporasi baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan dalam perilaku kerja sehari-hari.

Selain mengetahui Indeks Implementasi AKHLAK, terdapat juga hasil analisis dari 6 area kesadaran organisasi yang berpusat pada Sustainability, Relationship, Performance, Growth, Common Goals, Meaning Purpose.





ACT Consulting telah menganalisis ke-6 area kesadaran organisasi tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa dari 91 BUMN bersama Anpernya yang sudah diukur, 45% di antaranya tidak menunjukkan fokus pada area 6 yaitu membangun meaning and purpose. Sedangkan 100% dari BUMN atau semuanya menunjukkan fokus pada area 4 yaitu melakukan perubahan atau transformasi (Growth).

“Secara umum keseimbangan fokus BUMN baru tersebar di 5 area yaitu Sustainability, Relationship, Performance, Growth dan Common Goals,” kata Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian yang memberikan kesimpulan hasil analisisnya.

Menurutnya, ada Gap (celah) di area Meaning and Purpose. Ini perlu diperhatikan oleh insan BUMN. Padahal penting sekali karyawan atau insan BUMN memiliki meaning and purpose dalam hidupnya. 

Ary Ginanjar sering membahas tentang Grand Why di dalam training atau seminarnya. Ketika seseorang sudah menemukan makna dan tujuan yang luhur dalam hidup, ia akan selalu berpegang teguh kepada Grand Why (pengabdian tertinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa).

Ketika sudah memiliki meaning and purpose, ia akan lebih bersungguh-sungguh saat bekerja atau menjalankan kehidupan sehari-hari. Tentu dengan penuh keikhlasan, rasa tentram, damai dan bahagia.


<more>


Adapun penjabaran dari 6 area kesadaran organisasi yaitu Area 1 (Sustainability) terkait hal-hal yang berhubungan dengan fokus terhadap pemenuhan kebutuhan dasar karyawan juga keberlangsungan organisasi, Area 2 (Relationship) mengenai hal-hal yang berhubungan dengan fokus terhadap hubuungan yang baik di antara karyawan, atasan, mitra kerja dan pelanggan, Area 3 (Performance) mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan fokus terhadap kinerja yang unggul setiap karyawan dan juga organisasi.

Selanjutrnya adalah Area 4 (Growth) yakni hal-hal yang berhubungan dengan fokus terhadap pengembangan yang berkelanjutan bagi karyawan maupun organisasi secara keseluruhan, sedangkan Area 5 (Common Goals) merupakan hal-hal yang berhubungan dengan fokus terhadap kesamaan visi, misi dan nilai seluruh anggota organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Terakhir, ada Area 6 (Meaning Purpose) yaitu terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan fokus terhadap kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan untuk kesejahteraan jangka panjang. Inilah yang menjadi perbincangan atau sorotan dari ACT Consulting untuk BUMN saat ini.

Jika para karyawan BUMN sebagian besar berada pada area 6, maka akan menghasilkan BUMN yang berkinerja tinggi dan memberi kontribusi pada negeri.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA