Kamis, H / 28 Maret 2024

Hari Ini Ambon Dua Kali Diguncang Gempa

Kamis 26 Sep 2019 11:47 WIB

Reporter :AA

2 unit rumah rusak berat di Desa Toisapu Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon

Foto: bnpb_indonesia

ESQNews.id, AMBON - Gempa dengan kekuatan M 6,8 terjadi di wilayah Ambon, Maluku pada Kamis (26/9/2019) pagi pukul 06.46 WIB kemudian disusul gempa kedua dengan kekuatan M 5,6 yang terjadi pukul 07.39 WIB.


Pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer pada jarak 40 kilometer arah timur laut Ambon.



Guncangan gempa terasa pada skala intensitas VII-VI MMI. Skala VI artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk dan bisa menyebabkan kerusakan ringan pada bangunan.


Sedangkan skala VII artinya guncangan bisa menyebabkan kerusakan ringan pada rumah-rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sedangkan pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak-retak bahkan hancur.


“Nilai ini menunjukkan guncangan kuat dan kemungkinan membuat kerusakan untuk bangunan yang tidak tahan gempa,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Humas dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melalui keterangan tertulis, Kamis.

<more>

Sejauh ini BNPB menerima dua laporan kerusakan, yakni sebuah jembatan di Ambon dan satu bangunan Universitas Pattimura. Belum ada laporan korban akibat guncangan gempa ini.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA