Jumat, H / 30 Juli 2021

Fadli Zon dari Indonesia & Nebati dari Turki Jadi Wakil Presiden Liga Parlemen untuk Al-Quds

Senin 10 Feb 2020 11:58 WIB

Reporter :AA

Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Al Quds, Fadli Zon.

Foto: dok.IST


ESQNews.id, SELANGOR - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon terpilih sebagai Wakil Presiden Parlemen untuk Al-Quds. Penunjukan Fadli Zon ditetapkan dalam penutupan konferensi ketiga Liga Parlemen untuk Al-Quds yang diselenggarakan di Selangor, Malaysia pada Minggu (9/2/2020).


Selain Fadli Zon, Wakil Menteri Keuangan Turki Nuruddin Nebati juga didapuk sebagai Wakil Presiden organisasi parlemen dunia tersebut. Sedangkan posisi presiden tetap dijabat Syekh Hamid Abdullah Al-Ahmar dari Yaman.


Sebelumnya Fadli Zon menyatakan “Deal of the Century” yang diinisiasi Donald Trump merupakan tindakan ilegal dan merusak upaya kemerdekaan Palestina. Fadli Zon menegaskan Indonesia menolak kebijakan Trump karena rencana tersebut hanya membenarkan pendudukan Israel.


“Proposal itu juga menegaskan kembali keberpihakan Trump terhadap Israel yang telah secara terang-terangan melanggar hukum dan norma internasional,” ujar Fadli. Fadli menyatakan Trump telah melanggar 'garis merah' hak-hak dasar rakyat Palestina, terutama hak sah mereka untuk tinggal di Tepi Barat yang telah dicuri oleh Israel.

<more>

“Bangsa Palestina juga memiliki hak atas Yerusalem sebagai ibukota abadi negara mereka,” ujar Fadli dikutip dari Anadolu Agency. Sekitar 500 anggota parlemen termasuk ketua DPR dari berbagai belahan dunia akan berkumpul di Malaysia untuk menghadiri konferensi internasional ini.


Ketua panitia Syed Ibrahim Syed Noh mengatakan konferensi dua hari ini membahas sejumlah problem Palestina, khususnya rencana perdamaian Israel-Palestina yang diumumkan Donald Trump baru-baru ini.

Ibrahim menyampaikan lembaganya terdiri dari 700 anggota parlemen dari 70 negara, meningkat dari tahun 2015 yang hanya berisi 125 anggota parlemen dari 25 negara.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA