Rabu, H / 25 Mei 2022

Executive Onboarding Directorship Program Angkatan 1, Hadir 30 BoD dari Berbagai BUMN

Rabu 03 Mar 2021 11:26 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Kementerian BUMN adakan Executive Onboarding Directorship Program “Buku AKHLAK untuk Negeri” angkatan 1 pada Rabu (3/3/2021) secara online. Program ini bertujuan untuk membekali Direksi BUMN agar dapat memahami dan menjalankan peran, tugas, tanggung jawab serta wewenangnya secara efektif untuk menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan.

Kementerian BUMN juga gandeng IPMI International Business School serta ACT Consulting, agar menambah semangat BUMN menjadi tempat untuk belajar, bertumbuh, dan berkontribusi bagi Indonesia. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 BoD dari 26 Perusahaan. Termasuk di dalamnya Agus Dwi Handaya (Direktur Kepatuhan dan SDM PT Bank Mandiri (Persero), Tbk), Arman Wirakartakusumah (Direktur Executive IPMI), Bambang Gunawan (Program Director), Kartika Wirjoatmodjo (Wakil Menteri BUMN II), Hadi Satyagraha (Former Dean IPMI IBS-MBA Program), Ary Ginanjar Agustian dan Tim (President of ACT Consulting).

<more>

Lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa dilantunkan sebagai tanda pembuka acara. Dilanjutkan paparan dari Agus Dwi Handaya mengenai ‘Mandirian’ salah satunya tentang Smell of the Place. 

“Saya ingin menyampaikan bahwa dalam membangun kebahagiaan dan produktivitas, Bank Mandiri menggunakan pendekatan smell of the place yang artinya mengelola berbagai elemen kerja baik fisikal maupun emosional agar tercipta suasana (climate) yang membuat karyawan happy dan produktif,” jelas Agus.

Pria yang akrab disapa ADH itu bicara soal ‘Mandirian’ yang memiliki kelengkapan atau propeller sebanyak 5 elemen yaitu memiliki Technical Skill yang baik dan handal, Culture: perilaku keseharian budaya AKHLAK, Leadership skill (Nata, Nuntun, Nagih), Motivasi atau energi dalam belajar dan bekerja, serta Purpose (learning agility, grit).



Ary Ginanjar turut menyimak selama acara berlangsung, dan ikutserta mengapresiasi sharing yang penuh manfaat menurutnya. Ia setuju dengan penjelasan Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri itu, salah satunya tentang Smell of the Place. 

“Rasanya sudah lengkap semua disertai contoh-contoh yang konkrit dari pak Agus. Mengapa? Karena yang beliau sampaikan tentang smell of the place itu memang betul. Jadi ketika bicara tentang smell of the place itu yang membuat energi dari Mandirian nampak nyata,” papar penulis buku ESQ Power itu dari Studio lantai 23 Menara 165 kepada 30 BoD BUMN.

Ada 3 Smell of the Place versi Ary Ginanjar yakni:

1. Ketika jalan-jalan ke Manchester United (Inggris). Meskipun hanya menjadi penonton, ia sudah merasa sangat senang
2. Ketika masuk ke dalam stadion Liverpool
3. Ketika masuk ke dalam gedung Bank Mandiri dan bertemu dengan orang-orang di dalamnya



Adapun 26 daftar perusahaan (Direktur yang membidangi Human Capital) di antaranya: Perum Perikanan Indonesia, PT Berdikari (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Garam (Persero), PT LEN Industri (Persero), PT Pertani (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero), PT Surveyor Indonesia (Persero), Perum Damri, Perum Jasa Tirta I, Perum Jasa Tirta II, Perum LPPNPI.

Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, Perum Perumnas, PT Asabri (Persero), PT Barata Indonesia (Persero), PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Industri Kereta Api (Persero), PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), PT Semen Kupang (Persero), PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA