Senin, H / 28 November 2022

Erick Thohir Bersama Para Tokoh Ini akan Lihat Hasil Kinerja BUMN Secara Transparan di AKHLAK Award 2 (Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN)

Selasa 05 Jul 2022 04:15 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Menyambut dua tahun Core Values AKHLAK BUMN, ESQ/ACT Consulting akan menggelar AKHLAK Award 2. Kegiatan ini menjadi momen refleksi dan evaluasi 2 tahun dicanangkannya AKHLAK sebagai budaya kerja BUMN yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 Juli 2022 pukul 19.00 – 21.00 WIB melalui Zoom Meeting. Sebagai Core Values dari BUMN, AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) sejatinya tidak hanya menjadi slogan dan afirmasi, tetapi juga budaya yang diimplementasi.

Kegiatan ini didukung oleh para tokoh berpengaruh di Indonesia di antaranya K.H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden Republik Indonesia), Erick Thohir (Menteri BUMN Republik Indonesia), Bambang Soesatyo (Ketua MPR Republik Indonesia), Nurul Ghufron (Wakil Ketua KPK). Sebagai penyelenggara akan hadir Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ/ACT Consulting). 



Para narasumber, insan BUMN, dan partisipan yang hadir akan dipandu oleh News Anchor Metro TV Fifi Aleyda Yahya selaku Moderator. Dimana, ini merupakan kali keduanya ia akan tampil di Ajang AKHLAK Award.

“Saya dan kita semua harus merefleksikan diri. Pandemi mengajarkan kita bahwa cara-cara lama juga melimpahkannya SDM tidak lagi cukup untuk membuat kita kebal. Dan tantangan sehebat ini tidak lagi cukup untuk menjadikan BUMN-BUMN kita kompetitif,” tutur Erick Thohir.



Dalam dua puluh empat bulan terakhir, BUMN menyelenggarakan berbagai program budaya di organisasinya masing-masing untuk mensosialisasikan dan menginternalisasikan Core Values AKHLAK agar menjadi perilaku sehari-hari. 

Sebelumnya, dalam ajang AKHLAK Award 2021 itu, mengundang 4 Mantan Menteri BUMN di antaranya Tanri Abeng, Sugiharto, Mustafa Abubakar, Dahlan Iskan, dan (alm) Sugiharto.

<more>

Sebagai pihak penyelenggara, Ary Ginanjar menjelaskan alasan diadakannya BUMN Award ini karena sangat mengapresiasi BUMN yang telah bersedia diukur pelaksanaan budaya kerjanya.

“Tidak semua perusahaan mau dan siap. Oleh karena itu pada AKHLAK Award 2 ini, kami ingin mengapresiasi semua BUMN, atas keterbukaan dan kesediaanya untuk di-mapping realisasi core values AKHLAK-nya oleh pihak ke 3,” ucap Ary.



Menurutnya pengukuran merupakan hal yang penting dalam transformasi budaya kerja perusahaan.

“Kunci perubahan adalah mengetahui dimana saat ini berada dan sejauh mana gap yang ada terhadap tujuan yang kita harapkan,” terangnya.

Sebagai informasi, pemberian Award itu berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK atau ACHI (AKHLAK Culture Health Index) yang telah dilakukan oleh ACT Consulting secara transparan selama dua tahun terhadap 141 BUMN dan Anper dalam periode Juli 2021-Juni 2022.

Expert Transformasi Budaya ACT Consulting, Dwitya Agustina mengatakan bahwa ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh perwakilan dari BUMN yang mengikuti AKHLAK Award.

“Pengukuran yang dilakukan menggunakan metode yang teruji dan berkelas internasional,” kata Dwitya.

ACT Consulting akan memberikan penghargaan dengan kategori BUMN untuk indeks implementasi per setiap nilai AKHLAK di antaranya Implementasi AKHLAK Terbaik, Implementasi Amanah Terbaik, Implementasi Kompeten Terbaik, Implementasi Harmonis Terbaik, Implementasi Loyal Terbaik, Implementasi Adaptif Terbaik, Implementasi Kolaboratif Terbaik. Masing-masing kategori di atas terdiri dari 5 terbaik, juga penghargaan BUMN dan Anper BUMN sesuai klaster industry.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA