Jumat, H / 29 Maret 2024

Bangun Pemerintahan yang Lebih Efisien, Pemkab Bogor Internalisasi Nilai BerAKHLAK & Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa

Senin 17 Apr 2023 15:03 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BOGOR - Dirasa penting oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor soal kepedulian ASN untuk membentuk atau membangun Pemerintah yang efisien, responsif. Peran organisasi pemerintah dirasa semakin diperlukan dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan tersebut.


Perubahan Mindset menuntut adanya rencana aksi konkrit yang di operasionalisasikan melalui pembangunan SDM ASN unggul yang antara lain dicirikan dengan SDM yang memiliki jiwa pekerja keras, bekerja smart, dinamis, adaptif, dan agile serta terampil menguasai IT, memiliki kapabilitas dan integritas serta komitmen kerja yang tinggi.


Dengan adanya "Pelatihan Internalisasi BerAKHLAK & Empoyer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa di Lingkungan Pemkab Bogor" oleh ACT Consulting International ini sebagai bagian dari proses transformasi budaya Pemkab Bogor untuk menginternalisasikan nilai BerAKHLAK yang dipengaruhi oleh peran ASN.




Perhelatan kali ini dilaksanakan selama 5 hari berturut turut dari pagi hingga sore pada tanggal 10-15 April 2023. Namun untuk tempatnya berbeda karna terbagi menjadi 2 Batch (2 angkatan) yakni Hotel Pesona Anggraini Puncak Bogor (Angkatan 1) dan Hotel New Ayuda Puncak Bogor (Angkatan 2).


Dalam kesempatannya, R. Irwan Purnawan, S.H., M.H., M.Kn (Kepala Badan BKPSDM) hadir langsung memberikan sambutan singkat namun jelas.


"Kegiatan ini merupakan acara yang sangat bagus dan sangat berharga bagi Pemkab Bogor untuk menginternalisasi dan mengimplementasikan BerAKHLAK di unit kerja masing-masing," puji Irwan mengawali sesi.




"Sehingga tercipta tidak hanya hebat secara intelektual tapi juga memiliki BerAKHLAK dalam bekerja. Niat dari hati yang utama lalu terpikirkan dan menjadi perilaku, ini yang sangat penting," tambahnya.


Lebih lanjut, "Pentingnya perilaku yang menanamkan core values BerAKHLAK bagi seluruh ASN di Pemkab Bogor agar visi misi tercapai bersama-sama."




Acara ini diikuti oleh 80 peserta (dibagi menjadi 2 angkatan (secara paralel)). Mereka dipandu oleh Kader-Kader Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Risman dan Coach Hasan. Sedangkan Asisten Trainernya yaitu Coach Haris dan Coach Akbar.


Menurut para trainer, 5 hari berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme. Dan di penghujung acara Rani Siti Nuraini, S.IP., M.Si (Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur) memaparkan pesan serta harapannya untuk Pemkab Bogor ini, terutama ASN-nya.


"Kegiatan Training Internalisasi BerAKHLAK dan emproyer branding bangga melayani bangsa selama 5 hari ini sudah selesai, tetapi untuk melaksanakan fungsi ASN sebagai pelaksana kebijakan pelayanan publik serta pemersatu bangsa dalam menghadapi era distrubsi saat ini dibutuhkan ASN yang (kompeten, profesional, inovatif, dan berintegritas)."




Diteruskan oleh Rani, "Maka pelatihan ini menjadi satu sarana penting untuk meningkatkan kualitas kompetensi seorang ASN tidak hanya dari segi pengetahuan saja tapi yang utama perubahan sikap etika dan perilaku ke arah yang lebih baik."


"Harapan dari saya untuk para peserta yakni transfer knowledge to skill yaitu pengetahuan yang diperolah menjadi keterampilan dalam membantu pekerjaan dan tugas pikirkan apa yang terbaik untuk organisasi dengan pengetahuan yang sudah diperoleh selama training serta konsisten mengaplikasikan pengetahuan ini kepada masyarakat."


Acara ini dimoderatori oleh Rani Siti Nuráini, S.IP., M.Si (Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur). Rani menilai kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar sesuai yang ditetapkan panitia, pengajar memberikan materi yang sesuai.


<more>


Lalu, acara berlangsung sesuai dengan jadwal yang disusun. Peserta mengikuti kegiatan dengan aktif menyampaikan pengalamannya. Ada juga peserta yang bertanya dan menanggapi materi-materi kegiatan dengan kritis. 


"Peserta sangat antusias dengan kegiatan training ini. Acara diselingi dengan permainan-permainan dan senam untuk meningkatkan semangat dan fokus peserta."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA