Rabu, H / 25 Mei 2022

Bandung dengan Julukan Kota Kreatif, Simak 3 Faktor Pemicunya!

Senin 10 Jan 2022 14:48 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Kota Bandung dinobatkan sebagai Kota Kreatif Dunia Bidang Desain oleh UNSECO dan bergabung ke dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative City Network/UCCN), sejak 11 Desember 2015 hingga saat ini.


Makna “Desain” bagi Kota Bandung sebagai City of Design. Kata desain mengacu pada cara berpikir dalam menemukan sebuah solusi  dari beragam permasalahan kota dan membangun kota untuk masa depan yang dirancang by design.


Desain telah menjadi sebuah metode untuk melakukan inovasi sosial, meningkatkan kegiatan ekonomi, dan meningkatkan keterlibatan warga dalam pembangunan perkotaan.


Kreativitas menjadi komponen penting dalam pembangunan kota yang melibatkan pemangku kepentingan penta-helix kota kreatif (Academia, Business, Community, Government + Media) dalam fase 3C (Connect, Collaborate, Commerce/Celebrate).


<more>


Lalu apa saja kira-kira yang menjadi faktor kesuksesan Kota Bandung? Menurut laman Disbudpar Bandung, ada 3 faktor yang menjadikan Kota Bandung sebagai kota kreatif seperti sekarang ini, yaitu: place, people, dan ideas. 


Ketiganya bagaikan roda yang terus berputar dan bergerak dalam memajukan kota Bandung. Simak selengkapnya sebagai berikut:


People




Place


Kota Bandung memiliki beberapa tempat berkumpulnya masyarakat yang aktif dan kreatif seperti Bandung Creative Hub, Bandung Creative Belt, Co-Working Space, dan Simpul Space #4.


Ideas


Bergabung dengan jejaring Kota Kreatif UNESCO telah mendorong organisasi dan komunitas di Bandung untuk membuat lebih banyak program dan acara, terutama yang mewakili bagaimana desain memiliki dampak positif bagi perkotaan dan pengembangan masyarakat. Program/acara yang diselenggarakan salah satunya adalah Bandung Design Biennale.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA