Senin, H / 28 November 2022

Bahaya Soda & Pemanis Buatan bagi Penderita Multiple Sclerosis

Jumat 08 Mar 2019 17:58 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Minuman Bersoda

Foto: alodokter

ESQNews.id - Dilansir dari daily.co.uk bahwa American Academy of Neurology melakukan sebuah penelitian akibat dari mengkonsumsi soda atau pemanis buatan bagi penderita Multiple Sclerosis. Penyakit ini adalah auto-imun yang dapat menyerang saraf pada otak dan tulang.



Gejala penyakit ini adalah gangguan penglihatan, masalah keseimbangan dan sakit kepala, kelelahan kronis, kesemutan dan lain-lain. Dengan cara membandingkan bagaimana tingkat kecacatan pasien MS dengan jumlah minuman manis yang mereka konsumsi. Dari 34 pasien terkena dampak terburuk saat mengkonsumsi 290 kalori per hari. Itu bisa jadi lima kali lipat lebih rentan mengalami kecacatan yang parah.


 

"Hasil ini perlu dikonfirmasi oleh studi yang lebih besar yang mengikuti orang dalam jangka waktu yang lama” tutur Dr. Meier-Gerdingh. Penyakit ini memang tidak muncul tiba-tiba. Membutuhkan waktu lama bisa sampai tujuh tahun dari awal munculnya gejala hingga seseorang terdeteksi penyakit MS.


 

“Banyak orang yang bermaksud baik, terutama mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, minum-minuman manis berkalori rendah untuk memotong kalori dalam makanan mereka” ucap Dr. Yasmin Mossavar-Rahmani dari Fakultas Kedokteran Albert Einstein.


 

Multiple Sclerosis juga mempengaruhi wanita dua kali lebih rentan untuk mengidap MS daripada pria, yaitu sekitar 66.000 dari 100.000 penderita di Inggris adalah wanita.  Sekitar 400.000 di AS memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA