Selasa, H / 05 Juli 2022

Asrama Haji Bisa Digunakan Sebagai Tempat Karantina Kepulangan Umroh

Minggu 23 Jan 2022 17:54 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: wise-geek.com

Oleh: Muhamad Solihin


ESQNews.id, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan Asrama Haji di Pondok Gede bisa digunakan karantina bagi jamaah yang baru pulang umrah. Kini, jamaah tak perlu lagi karantina di hotel dengan harga selangit.


Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Nur Arifin mengatakan, semua disesuaikan dengan kapasitas kamar di Asrama Haji Pondok Gede. Jika Asrama Haji sudah penuh, maka jamaah menggunakan hotel.




Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja  di DPR-RI dengan Komisi VIII beberapa hari yang lalu. Oleh sebab itu, Asrama Haji digunakan pada H-1 keberangkatan Umroh dan masa Karantinan sepulang Umroh.


Tentu saja Asrama Haji harus sesuai dengan standar sebagai tempat Karantina sebagaimana sudah ditentukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BNPB menyatakan bahwa Asrama Haji ini laik menjadi tempat karantina.


<more>


Sementara itu, Kemenag sedang rapat membahas kesiapan Asrama Haji sebagai tempat karantina agar sesuai standar. Kemenag terus memantau keberangkatan sampai kepulangan jamaah umroh. Pemantauan tersebut untuk memastikan umroh di masa pandemi berjalan lancar.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA