Jumat, H / 29 Maret 2024

Ary Ginanjar Jadi Anggota Kehormatan Keluarga Besar Sunan Kalijaga

Rabu 18 Dec 2019 09:01 WIB

Author :Redaksi

Keluarga Besar Sunan Kalijaga

Foto: dok.ESQ

Ini membuktikan universalitas ESQ, yang bisa diterima oleh semua kalangan.

ESQNews.id - Semarang, Ahad, 31 Agustus 2008. Tepat satu hari menjelang bulan Ramadhan, sebuah kehormatan diterima Ary Ginanjar. Pimpinan ESQ Leadership Center itu, diangkat sebagai anggota kehormatan keluarga besar Sunan Kalijaga. "Saya sangat bangga dan haru akan usaha Ary Ginanjar melalui ESQ," kata Raden Muhammad Soediyoko, sesepuh keluarga besar dan ahli waris Sunan Kalijaga, saat memberikan sambutan.

Menurut Eyang Kanjeng Soediyoko, 84 tahun, rasa bangga itu timbul karena Ary Ginanjar telah melakukan hal yang sama dengan Sunan Kalijaga, yaitu mengangkat nilai dan budaya lokal.

Ary Ginanjar diangkat sebagai anggota kehormatan keluarga besar Sunan Kalijaga karena beberapa pertimbangan. Pertama, dalam rangka melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melestarikan nilai sosial budaya.
<more>
Kedua, sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan tradisi adat budaya yang merupakan bagian dari langkah untuk memelihara ketahanan budaya bangsa sebagai pilar dari ketahanan nasional.

Ketiga, karena berdasarkan pengamatan dari setiap pelatihan ESQ, telah mengangkat dan memunculkan nama salah seorang wali, yakni Sunan Kalijaga yang makamnya di Kadilangu, Demak.

Pada kesempatan itu, Raden Muhammad Soediyoko, mewakili sesepuh dan ahli waris keluarga besar Sunan Kalijaga, menyerahkan duplikat salah satu pakaian Sunan Kalijaga kepada Ary Ginanjar. Soediyoko juga memakaikan Ary blangkon hitam, yang mirip dengan kepunyaan Sunan Kalijaga. "Sebagai anggota kehormatan, saya berjanji, menjaga nama baik Sunan Kalijaga," kata Ary Ginanjar.



Penghargaan itu menambah daftar panjang prestasi ESQ. Di bidang akademik, Ary Ginanjar dianugerahi gelar doktor honoris kausa bidang pendidikan karakter oleh Universitas Negeri Yogyakarta, akhir tahun lalu. Ary juga dinobatkan sebagai "The Most Powerfull People dan Ideas 2004" versi Majalah SWA. Tahun 2005, Ary dianugerahi menjadi salah satu "Tokoh Perubahan" oleh Harian Republika. ESQ juga telah menyelenggarakan pelatihan di mancanegara. Bahkan, Ary sempat berbicara tentang ESQ di Oxford, Inggris. Itu membuktikan universalitas ESQ, yang bisa diterima oleh semua kalangan.

Karena itulah pada Training ESQ Basic digunakan pula lagu lir-ilir Sunan Kalijaga.

Artikel ini telah terbit di ESQ Magazine edisi Oktober 2008.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA