Senin, H / 08 Agustus 2022

Ary Ginanjar Isi Materi Kepemimpinan di Raker Tahunan Rencana Strategis FK UGM 2018

Jumat 25 Jan 2019 17:41 WIB

Author :Redaksi

Rapat tahunan FKMK UGM 2018 di Hotel Heritage Solo, (23-24/1/2018).

Foto: dok.fkmk ugm


ESQNews.id, SOLO – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menyelenggarakan Rapat Kerja Tahunan 2018 dari Selasa (23/01/2018) hingga Rabu (24/01/2018). Kegiatan yang diadakan di Hotel Royal Heritage Solo ini mengundang kepala departemen, KSM, program studi, pusat kajian dan laboratorium yang ada di FKMK UGM. Rapat yang berlangsung selama 2 hari ini bertujuan untuk membahas rencana strategi dari tingkat fakultas dan departemen, meningkatkan kapasitas kepemimpinan, dan menyepakati kontrak kinerja untuk setahun ke depan.


Pada hari pertama, kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dekan FKKMK, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed, Sp.OG (K)., Ph.D. “Merencanakan arahan dan kegiatan masa depan itu penting, karena tidak merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.” Ujar beliau. Rapat kemudian dilanjutkan dengan materi Renstra UGM dan Implementasi Remunerasi UGM oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan Keuangan dan Sistem Informasi, Dr. Supriyadi, M.Si., Akt dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto. Diskusi berjalan dengan hangat, beberapa kali peserta melontarkan pertanyaan dan masukan terkait materi. Progres kegiatan Dies Natalis FKKMK ke-72 dipresentasikan pula pada siang itu.


Agenda selanjutnya berfokus pada pembahasan Rencana Strategis (Renstra). Renstra FKKMK, Renstra Academic Health System, serta Renstra RSUP Dr. Sardjito dipresentasikan dan didiskusikan satu persatu. Capaian kinerja fakultas berdasarkan dashboard juga dijelaskan dalam rapat tersebut. Kontrak kinerja per unit kerja disusun pula berdasar renstra tingkat fakultas dan unit kerja. Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan usulan kontrak kinerja yang telah disepakati kemudian dikumpulkan untuk dimasukkan ke dalam dashboard 2018. Kegiatan pada hari pertama pun diakhiri pada sekitar pukul 21.30 WIB dengan diselingi beberapa coffee break dan ishoma.


Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan olahraga bersama sebelum sarapan. Setelah sarapan dan bersiap-siap, peserta mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan kepemimpinan. Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi oleh Ary Ginanjar Agustian dan sesi kedua berisi forum talkshow tentang mengelola tenaga pendidikan dan kependidikan untuk mencapai target. Sesi pertama berlangsung dengan riuh, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan kemudian diakhiri dengan berkomitmen bersama untuk menjadi pemimpin yang baik dan menyanyikan lagu ilir-ilir bersama dengan syahdu.


Sesi kedua, talkshow yang dimoderatori oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D juga berjalan dengan lancar. Peserta diminta untuk mengisi survei online unutk mengetahui gairah dosen dalam menyusun renstra, kendala dan usulan solusi dalam menjalankan renstra, serta keseiapan tendik untuk mendukung pelaksanaan renstra. Hasil survei kemudian dibahas oleh panelis dari Departemen Ilmu Bedah, Fisiologi, Keperawatan, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

<more>

Agenda terakhir dari RKT adalah presentasi tentang profil dashboard 2018 berdasar usulan kontrak kinerja oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, Ph.D dan dr. Guardian Yoki Sanjaya, M.HlthInfo. Dari presentasi ini kemudian dilakukan penyesuaian persepsi target antara fakultas dan unit kerja. Kontrak kinerja yang sudah dikumpulkan dapat direvisi dan disesuaikan kembali untuk dimasukkan ke dalam dashboard 2018.


Artikel ini telah tayang di renstra.fk.ugm.ac.id dengan judul "Rapat Kerja Tahunan FKMK UGM 2018"
(renstra.fk.ugm.ac.id/Afi)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA