Minggu, H / 14 Juli 2024

Ary Ginanjar Bocorkan Kesuksesan Tim Rugby untuk Diterapkan oleh Insan Perhutani

Selasa 09 Aug 2022 21:00 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – 16.000 peserta (Karyawan dan Anper Perum Perhutani) seluruh Indonesia berkumpul secara daring dalam forum yang digelar oleh ACT Consulting/ESQ dalam Seminar Kristalisasi Core Values AKHLAK Perhutani Group. Perhelatan ini berlangsung pada tanggal 9 Agustus 2022 pukul 13.30 – 15.30 WIB.

 

Perusahaan Umum Kehutanan Negara atau biasa disingkat menjadi Perum Perhutani, adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang kehutanan. 

 

Acara dibuka oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Umum dan IT M. Denny Ermansyah. Ia mewakili Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro yang saat ini berhalangan hadir.

 

“Ada pesan dari Pak  Dirut yang turut mengucapkan terimakasih karena tim ACT Consulting sudah bekerja sama mulai dari proses awal internalisasi sampai tahap ini kristalisasi dan seterusnya untuk pendampingan Core Values AKHLAK ini,” kata Denny mengawali sesi.


 

Ia yang memaparkan sambutannya lewat zoom meeting itu mengatakan, “Ada yang lebih penting lagi bahwa kita harus selalu patuh dengan kebijakan pemerintah sebagai pendidik moral untuk Perhutani. Tentu mematuhi kebijakan lainnya yang akan berdampak positif jika kita lebih fokus mengelola kawasan hutan produktif.”

 

Dir. SDM Perhutani tersebut berharap kepada seluruh Insan Perhutani agar selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan budaya kerja baik antar wilayah, antar direktorat dan lainnya.

 

“Kita harus selalu fokus dengan kerjaan atau tugas kita pada bidang masing masing dan berlomba dalam pencapaian target korporasi atau juga kinerja masing masing. Mudah mudahan kita selalu berkontribusi kepada bangsa negara kita tercinta. Dengan Kristalisasi nilai AKHLAK yang sudah membumi di hati masing-masing karyawan  menjadi lebih kuat, lebih melekat tertanam kuat,” sambungnya.


 

Untaian kalimat dari Denny didengar langsung oleh Founder ACT Consulting/ESQ Ary Ginanjar Agustian serta dihadapan Direktur Anper Perhutani (PT. Inhutani I-V, PT. Perhutani Anugerah Kimia, PT. Palawi Risorsis, PT Bakti Usaha Menanam Nusantara Hijau Lestari), Segenap Anggota Direksi, Kepala Divisi Regional, Kepala Divisi Divisi sederajat, Direksi Anak Perusahaan serta Seluruh Direksi dan Karyawan Jenjang I s.d. Jenjang V lingkup Perhutani Group.

 

Ary Ginanjar mengawali sesinya dengan menayangkan video pertandingan All Blacks rugby team. All Blacks rugby team merupakan tim nasional yang mewakili Selandia Baru dalam bidang uni rugbi, yang menjadi salah satu olahraga nasional di negara tersebut.

 

“Setiap pertandingan, mereka selalu unggul, yakni dari 6 kali pertandingan menang 5 kali juara dunia. Dari 566 pertandingan, mereka menang 500 kali. Kemenangan itu mereka raih dari tahun 1903 hingga 2017, kira-kira apa penyebab mereka selalu juara dunia?” tanya Ary dari studio lantai 23 Menara 165.

 

Terlihat dari kolom chat dalam zoom meeting rata rata insan Perhutani menjawab, “Semangat luar biasa, kapabilitas, konsistensi, teamwork, kompak, AKHLAK,” dan jawaban lainnya.

 

“Jawabannya betul semua namun yang dimaksud oleh saya adalah energinya. Jadi ada rumus bahwa kinerja itu perpaduan dari kompetensi dikali energi. Meskipun kompetensi Anda bagus missal 10, namun energinya 2 maka kinerjanya hanya 20. Lain halnya dengan kompetensi kita 10 tapi energinya 10 maka performancenya adalah 100. Itulah yang membuat mereka berhasil,” papar Ary.


 

Oleh karenanya, Penulis buku AKHLAK (bersama Menteri BUMN Erick Thohir) itu berpesan, “Kerahkan semua energi positif Anda dalam hal apapun di Perhutani dan lingkungan sekitar. Lakukan yang terbaik, karena Anda berada di jaman paling tepat saat AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) ditanamkan. Buat diri Anda, keluarga, orang sekitar Anda bangga bahwa Anda pernah bekerja di Perhutani dan sukses terapkan AKHLAK di kehidupan sehari hari.”



 

Sebagai  informasi, di ajang AKHLAK Award 2 pada 5 Juli 2022, Perhutani mendapatkan penghargaan untuk kluster Perkebunan dan Kehutanan, jadi untuk seminar ini penekanan lebih ke AKHLAK menjadi perilaku sehari-sehari, dari internalisasi AKHLAK yang suah berjalan, agar seluruh karyawan dapat implementasi dalam keseharian.


Acara semakin seru karena diadakan sebuah games yang diiringi dengan musik energik. Coach Arief (Trainer ESQ) memandu para partisipan tersebut. Permainan berjalan dengan fun karena adanya hadiah berupa voucher ovo dan gopay.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA