Minggu, H / 29 Januari 2023

Agar Tetap Produktif Saat Purnabakti, Insan PT PAL Indonesia Diberikan Training ESQ MPP

Kamis 19 Jan 2023 19:18 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, SURABAYA - PT PAL Indonesia diberikan pembekalan oleh ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP), dengan tujuan agar insan PT PAL Indonesia tersebut lebih siap saat menghadapi masa purnabakti kelak.


Rangkaian pelatihan yang digelar selama 3 hari (18-20 Januari 2023) itu diikuti oleh 40 peserta pegawai PT PAL Indonesia. Acara ini dilaksanakan di dua kota yakni Surabaya dan Malang.


Satriyo Bintoro selaku Senior Executive Vice Presiden PT PAL Indonesia turut hadir di lokasi serta membuka perhelatan dengan sangat antusias.


Ia merasa bersyukur atas terselenggaranya acara training tersebut berkat kerjasama dari berbagai pihak.




“Kami melalui Direksi PT PAL tentunya pertama-tama mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan ini dan tentunya dari teman-teman HCM, dibantu juga dari juga konsultan yang hebat dari ESQ”, ungkapnya saat sambutan di PT PAL Indonesia yang berlokasi di Surabaya.


Rencananya, 2 hari terakhir ini, para peserta akan mengikuti serangkaian acara yang berlokasi di salah satu hotel di Malang. Mulai dari acara Fieldtrip, pemaparan materi finansial, leveraging asset serta bisnis dan lainnya.




Wisdom living menjadi modul pertama/pembuka yang diberikan oleh Coach Heidy Akhadi (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) kepada puluhan partisipan yang hadir.


Heidy sempat menjelaskan kepada para peserta tersebut bahwa, ESQ MPP telah melakukan survey terhadap 2836 pegawai yang akan memasuki pensiun dari berbagai instansi dan perusahaan, periode 2016 - 2021, hasilnya menunjukan 58% pegawai mengalami Cemas bahkan Panik (Post Power Syndrome), yang 51% didominasi oleh Faktor Mental (Psikologis).


"Pensiun adalah sebuah episode akhir karir kerja, siap tidak siap tetap akan dihadapi. Kecemasan akan pensiun tidak berarti hal negatif, bila dikelola dengan baik, justru akan menjadi pendorong untuk menghantarkan pada persiapan dan perencanaan dalam menyiapkan masa pensiun yang Bahagia, Sehat dan Sejahtera," paparnya.


Selain modul wisdom living, ESQ MPP berikan modul terkait finansial oleh Wendy Isnandar,  dr. Yakobus (Healthy Session),  Fieldtrip 1 (BLK Wonojati), Fieldtrip 2 "Malang Strudel" kepada Insan PT PAL Indonesia. Mereka menjelaskan secara gamblang perihal Cara Menjaga Finansial Stabil di Masa Pensiun, Kesehatan, bisnis dan lainnya.


"Di masa pensiun, produktivitas menurun, pemasukan yang rutin dari pekerjaan sudah tidak ada. Namun, Anda bisa mencari pemasukan atau mengatur keuangan agar cukup untuk kebutuhan harian dan keinginan selama masa pensiun,"  kata Wendy.


Lebih lanjut, "Bagaimana caranya untuk menjaga finansial kita? Yaitu Memiliki pemasukan dari part time, Memiliki passive income (misal dengan menyewakan rumah atau kost), Mendahulukan kebutuhan, Mempersiapkan asuransi kesehatan, Rutin menabung."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA