Kamis, H / 28 Maret 2024

ACT Consulting Bantu Tingkatkan Kalori SDM PT Bukit Asam, Begini Kata Dirutnya!

Jumat 19 Aug 2022 11:44 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

“In looking for people to hire, look for three qualities: integrity, intelligence and energy. And if they don’t have the first, the other two will kill you” - Warren Buffett


ESQNews.id, JAKARTA – Para Direksi, BoD-1 dan BoD-2 PT Bukit Asam yang jumlahnya hampir 200 itu mengikuti kegiatan dari ACT Consulting dengan tema “Leading with Purpose and AKHLAK PT Bukit Asam.” Hadir di dalamnya Arsal Ismail (Direktur Utama), Suhedi (Direktur Operasi), Suherman (Direktur SDM), Farida Thamrin (Direktur Keuangan), Rafli Yandra (Direktur Pengembangan Usaha) secara online pada Kamis 19 Agustus 2022.

 

PT Bukit Asam Tbk adalah anak perusahaan Mind ID yang berfokus pada pertambangan batu bara yang didirikan pada tahun 1950.

 

Saat ajang AKHLAK Award 2, Mind ID berhasil meraih penghargaan dengan kategori Indeks Implementasi AKHLAK klaster Industri Mineral dan Batu Bara dari ACT Consulting. Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting/ESQ Group) berikan piagam dan piala secara langsung kepada Direktur Hubungan Kelembagaan Mind ID Dany Amrul Ichdan. 

 

Dalam rangka menindaklanjuti penanaman nilai nilai AKHLAK di seluruh Anper Mind ID, maka berlangsunglah acara kali ini.


<more>

 

Di awal sesi, Dirut PTBA mengepalkan tangan sembari mengucapkan “Semangat, pagi, pagi, pagi, luar biasa” dengan lantang. Sehingga aktivitas itu membuat insan PTBA tidak mengantuk padahal acara ini digelar siang hari.

 

“Ini merupakan salah satu agenda yang sangat penting bagi PTBA. Kita juga akan membuat komitmen dengan tanda tangan online melalui aplikasi sebagai simbolis dalam menerapkan nilai nilai AKHLAK di lingkup PTBA secara optimal dan kontinyu,” kata Arsal.

 

Pria berkacamata itu mengatakan bahwa dirinya serta insan PTBA sudah mengetahui hasil assessment atau pengukuran budaya kerja yang disebut ACHI (AKHLAK Culture Health Index) di lingkungan PTBA. Menurutnya hasil tersebut menandakan atau mencerminkan potret insan PTBA.

 

“Meskipun kami dari PTBA hampir setiap tahun mendapatkan penghargaan-penghargaan namun soal penilaian AKHLAK saya kurang puas. Belum lagi banyaknya tantangan atau ancaman yang silih berganti,” ungkapnya.

 

Arsal melanjutkan dari layar Zoom Meeting, “Untuk itu dengan hadirnya Pak Ary serta tim lalu melakukan perbaikan-perbaikan dari dalam diri ini, kita akan mampu menghadapi segala tantangan atau situasi global, kita akan menjadi lebih kuat.”



 

Selanjutnya, Ary Ginanjar memberikan paparan motivasi kepada direksi PTBA serta jajarannya. Sebelum sesinya dimulai, Coach Bram (trainer ESQ) mengajak ratusan insan PTBA itu untuk melakukan senam ringan dan permainan.




“Saya kagum ternyata Dirut PTBA bisa lebih melek teknologi atau bertransformasi di era sekarang ini. Bapak bukan hanya sebagai role model tetapi bapak sudah menjadi pemenang dalam aplikasikan core values AKHLAK ini,” puji Ary.

 

Ary juga mengapresiasi prestasi Dirut PTBA yang mendapatkan penghargaan dalam Anugerah BUMN 2022. Dalam ajang yang digawangi oleh Menteri BUMN pertama Tanri Abeng ini, Arsal meraih kategori CEO Service and Operation Excellent atas keberhasilannya memimpin perusahaan dalam memberikan pelayanan dan operasi terbaik.

 

“Masih banyak penghargaan bapak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Namun dari sini saya juga bisa melihat bahwa bapak tipe yang penuh semangat. Semangat itu mengingatkan saya dengan salah satu grup olahraga dunia yaitu tim all black, men rugby team New Zealand,” tutur Penulis buku AKHLAK itu.

 

All Black merupakan tim rugby pria paling sukses sepanjang masa. Presentasi kemenangannya mencapai 77,21% dari 566 pertandinagn (1903-2017). Tim rugby pertama yang memenangkan 500 pertandingan dan juara dunia rugby 2011 dan 2015. Mereka juga yang memenangkan 5 dari 6 kejuaraan rugby dunia.


“Mereka punya energi yang luar biasa. Tentu ada kaitannya dengan kinerja kita di  PTBA. Karena kinerja adalah perkalian antara kompetensi dengan energi. Jika sekarang kita punya kompetensi yang bagus tetapi energinya rendah maka performance kita juga rendah. Sedangkan jika kompetensinya tinggi dan energinya juga tinggi maka performancenya meningkat,” papar Ary dari studio lantai 23 Menara 165.

 

“Secara keuangan Alhamdulillah PTBA mempunyai hasil yang luar biasa. Nah bagaimana kalau seandainya energi kalori dari batu bara SDMnya juga ditingkatkan lagi, mungkin performance juga akan lebih tinggi lagi. Siapa yang setuju bahwa kalori dari SDM akan meningkatkan performance dari bukit asam?” tanya pria asal Bandung itu.

 

Terlihat dari dalam zoom, insan PTBA mengacungkan tangannya tanda setuju.


“Jika SDM kita semakin tinggi nilai AKHLAK nya maka semakin mahal pula perusahaannya. Jika semakin rendah nilai AKHLAK nya semakin lemah pula organisasinya. Jadi apa yang tadi disampaikan oleh pak Dirut bahwa bukan hanya nilai kalori dari batu bara kita tapi dari SDM kita. Tujuan kita hari ini bagaimana kita bisa meningkatkan kalori dari SDM,” sambungnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA