Jumat, H / 22 Oktober 2021

6 Level Service Excellence, Inilah Tingkat Pelayanan di Poltekkes Riau!

Kamis 19 Nov 2020 14:51 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung, dipandu oleh Coach Nofel

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Sekitar 76 orang dari Poltekkes Kemenkes Riau ikutserta Program dari ACT Consulting selama 2 hari pada Rabu-Kamis (18-19/11/2020) by daring. Event hasil kolaborasi dari keduanya itu mengusung tema “Online ESQ Training Personal Transformation & Service Excellence for High Professionalism” di lingkup Poltekkes Riau.

 

Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, H. Husnan, S.Kp, MKM membuka acara sekaligus memberikan sambutan kepada timnya serta tim ACT Consulting yang mengikuti webinar.

 

Sementara itu, Coach Nofel bersama Astrainnya (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) mengawal insan kesehatan selama 2 hari penuh.



<more>

 

“Ada 6 tipe pelayanan atau service excellence pada gambar ini. Kira-kira pelayanan bapak dan ibu kepada pelanggan sudah di level mana?” tanya Nofel.



 

Rata-rata jawaban dari pegawai kesehatan yang berasal dari berbagai golongan itu terletak di level 3 dan 4.  

 

“Seperti yang kita ketahui level paling rendah itu namanya criminal artinya pelayanan yang paling tidak sesuai harapan pelanggan. Di antara bapak dan ibu ada yang mau sharing pengalamannya barangkali ada?” tanya Nofel lagi.



 

Wanita yang bernama Kartini mengaku pernah mengalami pelayanan seperti itu di sebuah tempat. Saat itu dirinya sedang mengantri pengambilan resep obat.

 

“Betapa tidak nyamannya kita dilayani sepeti itu. Setelah menunggu 1 jam resep saya tak kunjung jadi padahal orangnya sedang santai memainkan handphone. Masa ngeracik obat lama sekali, padahal tidak sedang antri,” jelasnya dengan nada penuh kecewa dan wajah terlihat kesal.



 

Harapan Nofel kepada para peserta webinar setelah sesi sharing yaitu memindahkan level pelayanan ke level 5 (Surprising) dan 6 (Unbelievable) secara konsisten. Seperti halnya yang diceritakan Lusi (salah satu peserta training).

 

“Bagian kepegawaian Poltekkes sudah di level 6. Karena tiba-tiba SK naik pangkat udah keluar saja tanpa repot mengumpulkan berkas.”

 

Adanya training ini, Coach Nofel bagikan beberapa paparan terkait:

1. Kesiapan di era perubahan

2. Makna bekerja menjadi pegawai

3. Menemukan nilai inti dan personal branding

4.  Zero mind process

5. Pentingnya service excellence dan cara implementasikannya 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA