Jumat, H / 29 Maret 2024

1 dari 4 Orang Mengidap Halitosis, Jangan Sampai Anda Salah Satunya!

Kamis 05 Oct 2023 11:47 WIB

Author :drg. Farida/FDC Dental Clinic

Halitosis

Foto: 123rf


ESQNews.id - Aktifitas kita sehari-hari dapat terganggu dengan bau mulut? Hati-hati, bisa jadi itu bukan masalah biasa, tapi menjadi tanda kronis dalam tubuh kita. Dalam istilah kedokteran ini disebut Halitosis. Apa sih halitosis?


Halitosis adalah istilah yang digunakan untuk mengagmbarkan kondisi kronis bau mulut dirongga mulut seseorang. Halitosis mempengaruhi hampir 1 diantara 4 orang di dunia.


Bukan sekedar nafas buruk dipagi hari, halitosis lebih dari itu. Tidak dapat diselesaikan hanya dengan permen, sikat gigi atau berkumur. Halitosis dapat bertahan dalam  waktu yang cukup lama dan mungkin merupakan tanda dari kelainan yang lebih serius.


Apa yang menyebabkan halitosis ?
Halitosis bisa disebabkan oleh beberapa gangguan dalam tubuh kita antara lain:


1.    Masalah kesehatan gigi
Gigi berlubang, dan kantung gusi yang dalam dan sulit dibersihkan yang disebabkan oleh infeksi gusi memberikan tempat bagi bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.


2.    Infeksi mulut, hidung dan tenggorokan
Infeksi pada saluran pernafasan seperti sinusitis, masalah pada rongga hidung dan tenggorokan yang mengalami infeksi akan mengakibatkan bau yang tidak sedap dan tercium di rongga mulut.


3.    Mulut kering
Air liur memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan gigi dan rongga mulut kita. Air liur juga sangat penting dalam menjaga keseimbangan bakteri rongga mulut. Jumlah air liur yang terbatas akan menyebabkan sangat mudah untuk terjadi infeksi dan disukai oleh bakteri penyebab bau mulut. Saliva atau air liur berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan membantu mencerna makanan di rongga mulut dan menyediakan anti bodi yang dapat membunuh kuman dan mencegah lubang kecil. Jika kita kekurangan saliva salah satu tandanya adalah halitosis.


4.    Merokok dan tembako
Tembako meninggalkan bau yang tidak sedap dan menyebabkan mulut kering. Kelainan pada jaringan lunak rongga mulutyang menyebabkan halitosis.


5.    Keadaan kronis lainnya
Selain menandakan kondisi kelainan kronis di rongga mulut,halitosis juga menunjukkan keadaan kronis diorgan tubuh lainnya seperti kelainan pada lambung, diabetes, kelainan ginjal dan hati.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA