Kamis, H / 18 April 2024

Covid-19, Zaidul Akbar: Puasa Terbukti Meningkatkan Imunitas Tubuh Manusia

Kamis 24 Jun 2021 12:02 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Zaidul Akbar, Dokter sekaligus Ahli Herbal

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA – Seperti yang kita ketahui bersama, virus corona mulai ‘mengganas’ lagi. Untuk itu, Zaidul Akbar sharing melalui media sosialnya di instagram tentang covid-19 yang berkaitan dengan puasa.


Tulisan yang diunggahnya pada Selasa (22/6/2021) mendapat 18,187 likes dari warganet serta beberapa komentar. Simak selengkapnya:


Saat ini kita tahu bahwa sebagian daerah berjibaku menghadapi gelombang ke sekian kalinya wabah pirus ini dan kita berdoa kepada Allah agar Allah segera akhiri wabah ini


Puasa merupakan salah satu bentuk perintah dari Allah yang dicontohkan Rasulullah, ada puasa wajib dan ada puasa sunnah.


Dan secara penelitian pun sudah sangat banyak yang membuktikan bahwa puasa memang terbukti meningkatkan imunitas tubuh manusia.


Sehingga seakan-akan dengan adanya lonjakan lagi virus ini dan tibanya di 4 bulan mulia ini seperti tersirat pesan untuk kita umat islam khususnya memperbanyak puasa sunnah di bulan mulia ini yaitu Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram, Rajab (kecuali dihari yang dilarang seperti idul adha).


<more>


Berpuasa bukan untuk meningkatkan imunitas tapi berpuasanya karena Allah. Dan menarik lagi di 4 bulan ini , amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah dan dosa pun dilipatgandakan jika dikerjakan di bulan-bulan ini (hati-hati, semoga Allah jauhkan kita dari dosa dan maksiat).


Jadi yang bisa berpuasa, puasalah sebanyak-banyaknya di bulan ini (karena Allah ya niatnya) untuk mendapatkan efek “samping” imunitas yang meningkat dari kebaikan puasa tersebut.


Bagaimana cara puasanya? Bolehkah puasa setiap hari? Boleh, tapi jangan sebulan penuh puasanya, intinya jangan sama kayak puasa Ramadhan.


Membayangkan jika puasa ini menjadi program bersama keluarga kita, selain dapat pahala, imunitas sekeluarga dijaga Allah dengan puasa ini dan sahur bukanya makan yang baik ya, jangan ngasal lagi makannya biar tubuh bener-bener fit.


Semoga Allah mudahkan kita berpuasa sunnah di bulan-bulan mulia ini.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA