Kamis, H / 18 April 2024

Hari Tritura Nasional

Jumat 10 Jan 2020 14:19 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: theculturetrip.com

ESQNews.id, JAKARTA - Keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama Bahan bakar minyak (BBM). Maka lahirlah Hari Tri Tuntutan Rakyat atau hari Tritura diperingati setiap tanggal 10 Januari.


Tritura itu sendiri adalah tiga tuntutan yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) kepada pemerintah pada tahun 1965.


Pada saat itu Indonesia mengalami kesulitan. Oleh karenanya, pada tanggal 12 Januari 1966, KAMI dan KAPPI memelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura. Isi Tritura adalah:


1. Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya

2. Perombakan kabinet Dwikora

3. Turunkan harga sembako


<more>


Tiga tuntutan di atas adalah dasar yang menjadi keresahan masyarakat Indonesia. Selain pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya dan pembersihan kabinet G30 S PKI ada juga tuntutan yaitu mengenai ekonomi. Masyarakat Indonesia menginginkan perubahan ekonomi terutama pada penurunan harga-harga kebutuhan pokok.


Presiden Soekarno mengumumkan reshuffle kabinet secara resmi pada tanggal 21 Februari 1966. Kenyataan ini menyulut kembali mahasiswa meningkatkan aksi demonstrasinya. Tanggal 24 Februari 1966 mahasiswa memboikot pelantikan menteri-menteri baru.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA