Minggu, H / 15 Desember 2019

Cara Puasa Sebelum Nabi Muhammad SAW (1)

Jumat 12 Apr 2019 11:35 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Puasa pada Hari Jum'at

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA – Puasa adalah kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat.  Sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah:183 disebutkan “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.


Baca juga: Cara Puasa Sebelum Nabi Muhammad SAW (2)

 

Sesuai dengan ayat ini, kewajiban puasa bagi kaum muslimin dan muslimat yang ternyata berpuasa merupakan kewajiban untuk para Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW. Perintah puasa sudah ada dari jaman Nabi Adam dan Siti Hawa. Banyak sekali berita tentang cara puasa Nabi Adam dari berbagai sumber.

 

Salah satunya berita bahwa Nabi Adam berpuasa setiap hari Jum’at. Karena seperti yang telah dijelaskan melalui HR. Bukhari bahwa “Sesungguhnya Allah menjadikan Adam pada hari Jum’at, diturunkan di bumi pada hari Jum’at, dia bertaubat kepada Allah atas dosanya memakan buah khuldi pada hari Jum’at dan wafat pun pada hari Jum’at.”

 

Menurut YtCrash Islam walaupun dalam hadist maupun Al-Qur’an tidak dijelaskan detail tentang puasa Nabi Adam dan generasi penerusnya. Tetapi ada petunjuk-petunjuk bahwa agama yang dibawa oleh Nabi-Nabi terdahulu adalah Islam atau ajaran monotheisme atau mengajarkan tentang ke-Esaan Tuhan.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA