Sabtu, H / 26 September 2020

Bunda Baca Indonesia dari Musi Rawas

Rabu 04 Sep 2019 09:25 WIB

Author : Ida S. Widayanti

Bunda Baca Dr. Hj. Noviar Marlina Gunawan yang sekaligus sebagai Bunda Paud, Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

Foto: ESQ Media

“Berbahagia sekali tentunya Kami dan bersama Bunda Baca Ibu Dr. Hj. Noviar Marlina Gunawan yang sekaligus sebagai Bunda Paud, Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas menghirup udara pagi kala itu di Hutan Kota Pelangi sambil membaca, menyanyi dan menggambar bersama dengan anak-anak paud se- Kabupaten Musi Rawas,” tulis Deskgram.


ESQNews.id, Musi Rawas – Memiliki hobby membaca, menjadikan, dr. Hj. Noviar Marlina Gunawan, Ketua Tim Penggerak PKK dan Bunda PAUD senantiasa menyosialisasikan kegiatan literasi bagi masyarakat dan generasi muda Kab. Musi Rawas. Kiprahnya terlihat dalam beberapa kegiatan Pondok Baca, Saung Baca, Garasi Baca, Beranda Baca dan masih banyak lagi kegiatan literasi yang diinisiasinya.


Kini sepak terjangnya itu tak sia-sia. Ibu yang melepaskan profesi mulia dokter, demi mendukung pengabdian suami tercinta sebagai Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan, tersebut akan mendapatkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional


Kepada ESQNews.id Novi, demikian panggilan Noviar, mengaku kaget dan tidak menyangka akan mendapatkan anugerah penghargaan ini. Pada perayaan Kemerdekaan 17 Agustus, disampaikan bahwa alumni ESQ yang sudah beberapa kali juga mengikuti Umroh ESQ ini, mendapat nominator Bunda Baca Indonesia.


- Musi Rawas Sempurna dengan Membangun Karakter

- Kemuliaan Muharram 


“Ibu, dipanggil Bapak sekarang juga! Ketika saya duduk, ternyata disampaikan bahwa saya masuk nominator Bunda Baca Indonesia,” ujar Novi saat diwawancarai ESQ Media di Kediamannya di Musi Rawas, Selasa (3/9).


Novi pun kaget karena tidak merasa pernah mengajukan atau mengirimkan CV. Secara proaktif Perpusnas mencari tokoh yang layak mendapatkan penghargaan.


“Benar-benar tidak mengajukan, tidak mengirimkan biodata, dan saya tidak tahu sama sekali!” tegas Novi.


Pada Senin, (26/8) tim Perpustakaan Nasional RI, Reymond, ST, berkunjung ke Musi Rawas menemui Bupati dan melakukan survey. Saat itu diumumkan bahwa Noviar Marlina Gunawan dalam penilaian penerima Nugra Jasa Dharma Pustakaloka kategori Pejabat Publik dan Tokoh Masyarakat. 


Novi pun mengapresiasi Perpusnas yang secara serius melakukan projek ini. “Hebat Perpusnas!” pungkas Novi sambil mengacungkan jempolnya.



- Membacalah Agar Dirimu Mulia

- Pulau Sangiang, Menyimpan Pesona Juga Kisah


Salah satu kegiatan membaca yang baru saja digalakan oleh Novi adalah membaca di alam terbuka.  Dilansir dari akun instagram resmi Disperpus & Arsip Kab. Musi Rawas @disperpus_arsip.mura, Kamis (22/8) di Hutan Kota Pelangi Novi Gunawan mengadakan kegiatan  membaca, menyanyi dan menggambar untuk anak PAUD se-Kabupaten Musi Rawas. 


Kegiatan ini dalam rangka menjadikan alam terbuka sebagai sahabat untuk belajar dan memahami makna alam serta manfaat alam. Sesuatu yang menyenangkan membaca sambil menghirup udara pagi di Hutan Kota.


“Berbahagia sekali tentunya Kami dan bersama Bunda Baca Ibu Dr. Hj. Noviar Marlina Gunawan yang sekaligus sebagai Bunda Paud, Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas menghirup udara pagi kala itu di Hutan Kota Pelangi sambil membaca, menyanyi dan menggambar bersama dengan anak-anak paud se- Kabupaten Musi Rawas,” tulis Disperpus Arsip Musi Rawas. 


Selamat pada Bunda Noviar Marlina Gunawan atas anugerah Bunda Baca Indonesia dan Salam Literasi untuk kesejahteraan Kabupaten Musi Rawas.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA