Jumat, H / 29 Maret 2024

Pemkot Tangerang Siapkan Puskesos untuk Masalah Sosial

Jumat 01 Feb 2019 09:49 WIB

Reporter :Redaksi

Walikota Tangerang, Arief Wismansyah

Foto: Istimewa

ESQNews.id, JAKARTA - Permasalahan sosial yang masih banyak dikeluhkan masyarakat haruslah segera ditanggulangi. Untuk itu, Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen dengan meresmikan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).


Bertempat di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) diresmikan langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang didampingi Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dan Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri.


Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menjelaskan Puskesos dapat menjadi sinkronisasi berbagai SKPD untuk bisa mengatasi masalah-masalah sosial yang difasilitasi oleh pemerintah.


"Yang awalnya masalah kesehatan oleh Dinkes, masalah pendidikan oleh Disdik, masalah penelantaran oleh Dinsos, sekarang semuanya bisa diadukan ke Puskesos," jelas Arief yang ditemui usai acara, Kamis (31/01).


"Tadi sudah dijelaskan prosedurnya, nanti akan ada fasilitator yang mendata warga yang mengalami permasalah sosial baik itu pendidikan, kesehatan, bahkan sampai ke administrasi," tambahnya.


Dalam implementasinya, sistem Puskesos akan difasilitasi para fasilitator yang tersebar di 104 kelurahan.


"Akan ada 1000 fasilitator jadi tiap RW punya, berarti ada 104 Puskesos," tegas Arief.


Arief berharap dengan diresmikannya Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) ditiap kelurahan, dapat menjadi tempat warga menyampaikan aspirasi dan keluhan mengenai permasalahan sosial mereka.


"Kalau awalnya mereka bingung harus ngadu kemana, sekarang warga tinggal ngomong, bisa curhat soal masalah mereka ke petugas," tutupnya.


Dengan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), diharapkan dapat dengan cepat mengatasi persoalan sosial dan kemiskinan yang ada di Kota Tangerang.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA