Kamis, H / 17 Juni 2021

Pemerintah Wajibkan Masyarakat Pakai Masker

Senin 06 Apr 2020 11:29 WIB

Reporter :AA

gugus tugas penanganan covid-19

Foto: covid19.go.id


Ini penting, karena di luar banyak orang terinfeksi tanpa gejala, ujar juru bicara pemerintah.

ESQNews.id, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mewajibkan agar setiap orang menggunakan masker, untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Sesuai rekomendasi WHO [Badan Kesehatan Dunia], semua harus menggunakan masker,” ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, dalam konferensi pers lewat akun media sosial resmi, Minggu (5/4/2020).


Masyarakat Gunakan Masker Kain

Yurianto menjelaskan bahwa masker medis dan N95 hanya digunakan untuk petugas kesehatan. Sementara masyarakat, lanjut Yurianto, dapat menggunakan masker kain yang dapat dicuci ulang. Yurianto menyarankan agar masyarakat menggunakan satu masker kain maksimal empat jam.


Setelah itu, masker dapat dicuci dengan sabun dan digunakan kembali ketika sudah kering. “Ini penting, karena di luar banyak orang terinfeksi tanpa gejala,” kata Yurianto.

<more>

Selain itu, Yurianto juga mengimbau agar masyarakat mencuci tangan dengan sabun selama 20 menit, menjaga jarak fisik dan tetap di rumah saja. Hingga Minggu, Indonesia mengkonfirmasi 2.273 kasus positif Covid-19, dengan 198 kematian. Sementara jumlah pasien yang sembuh menjadi 164 orang.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA