Jumat, H / 29 Maret 2024

Kampanyekan Pola Hidup Sehat, ASTRA Tol Tangerang-Merak Gelar Seminar Kesehatan

Jumat 23 Nov 2018 10:54 WIB

Reporter :Redaksi

Kampanyekan Pola Hidup Sehat, ASTRA Tol Tangerang-Merak Gelar Seminar Kesehatan

Foto: Istimewa

ESQNews.id, TANGERANGDalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 yang bertema “Ayo Hidup Sehat, Dimulai dari Kita”ASTRA Tol Tangerang-Merak menggelar seminar kesehatan Open Health Talk di Kantor Operasional Ciujung. Peringatan HKN kali ini menghadirkan AKBP Abdul Majid perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten dan Aktivis HIV/AIDS Hages Budiman sebagai arahan kebijakan ASTRA yang tertuang dalam Corporate Policy 2018 yaitu upaya peningkatan pengetahuan dan pencegahan HIV/AIDS serta Kampanye Anti Narkoba.


Diikuti oleh lebih 100 karyawan Tol Tangerang-Merak, seminar kesehatan ini diharapkan menjadi media komunikasi dan sarana sosialisasi tindakanpreventif dalam meningkatkan kesadaran dan menjaga kesehatan karyawan Tol Tangerang-Merak.


ASTRA Tol Tangerang-Merak melalui Departemen Environment and Social Responsibility (ESR) terus berupaya untuk senantiasa menjaga kesinambungan usaha yang dituangkan dalam strategi perusahaan yaitu triple P roadmap yaitu portofolio, people, dan public contribution. Melalui ragam program kesehatan ASTRA Tol Tangerang-Merak menfokuskan akan pentingnya kesehatan karyawan sebagai aset utama dalam meningkatkan produktivitas kerja perusahaan.    


Sejak tahun 2014 dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat, ASTRA Tol Tangerang-Merak telah menjalankan berbagai program kesehatan baik yang bersifat promotif maupun kontributif dan juga aktif secara langsung mengajak para karyawan untuk peduli terhadap kesehatan melalui program Pola Hidup Sehat (PHS), pemeriksaan kesehatan lingkungan kerja oleh dokter klinik PT Marga Mandalasakti, serta informasi dan himbauan kesehatan mingguan yang disebarkan ke setiap unit kerja.


Pola Hidup Sehat (PHS) yang sudah berjalan sejak 4 tahun lalu mampu menurunkan 18% angka kunjungan pasien klinik di tahun 2018 dengan jumlah data pengunjung di tahun 2017 sebanyak 794 pengunjung menjadi 654 pengunjung di tahun 2018.


“Tindakan preventif dan promotif yang kami lakukan merupakan upaya untuk tetap mengingatkan Insan ASTRA Tol Tangerang-Merak mengenai pentingnya pola hidup sehat. Tindakan preventif yang kami lakukan tidak hanya sebatas medical check up setiap tahun saja, melalui pola hidup sehat melalui penurunan berat badan serta roadshow dokter yang rutin dilakukan dua bulan sekali membuahkan hasil dengan meningkatnya angka kesehatan karyawan Tol Tangerang-Merak. Sedangkan tindakan promotif diwujudkan dalam pemberian saran-saran kesehatan,” ungkap Direktur Teknik & Operasi PT Marga Mandalsakti, Sunarto Sastrowiyoto.


Melengkapi seminar kesehatan, lomba bekal sehat pun mewarnai peringatan HKN 2018 ini. Sebelumnya para karyawan dan manajemen melakukan senam kebugaran jasmani di awal acara.


“Peringatan HKN ini tidak hanya diisi dengan seminar kesehatan saja, kami juga mengajak karyawan untuk melakukan senam olah tubuh bersama di awal acara agar senantiasa bugar. Pada kegiatan ini juga diselenggarakan lomba bekal sehat dengan kriteria bekal makan kaya akan nutrisi gizi, bebas dari bahan pengawet, sederhana, ringkas dan hemat. Melalui lomba bekal sehat diharapkan menstimulus para karyawan untuk senantiasa menjaga asupan nutrisinya”, tambah Sunarto.


Dengan diselenggarakannya kegiatan HKN ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat. Meningkatnya kesadaran akan hidup sehat diharapkan dapat meningkatkanproduktivitas dalam bekerja, sehingga mampu berkontribusi optimal dalam pencapaian pelayanan terbaiknya mewujudkan Tol Tangerang Merak yang lancar, aman, dan nyaman.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA