Kamis, H / 28 Maret 2024

IBIMA, Cita-cita Indonesia Mandiri dengan Industri

Selasa 14 Aug 2018 12:18 WIB

Singgih Wiryono

Ketua Umum IBIMA, I Made Dana M. Tangkas saat Training di Menara 165, Jakarta, Selasa (14/8).

Foto: Singgih Wiryono

ESQNews.id, JAKARTA - IBIMA atau Insan Bisnis Industri dan Manufaktur Indonesia memberikan harapan ekonomi Indonesia di bidang industri manufaktur kembali bertumbuh. Memiliki cita-cita sebagai salah satu penyumbang GDP terbanyak untuk Indonesia, itulah yang dungkapkan I Made Dana M. Tangkas saat ditemui ESQNews.id di sela-sela mengikuti Training of Trainer di Menara 165, Selasa (14/8).


"Kita optimis menuju ke sana (Indonesia Mandiri)," ujar dia.


Presiden Institut Otomotif Indonesia ini juga mengatakan, cita-cita itu bisa tercapai bukan juga karena kerja keras IBIMA sendiri. Harus ada peran masyarakat Indonesia yang bisa menghargai produk dalam neger sendiri. Masyarakat, kata dia, perlu kompak bersama membantu industri rakyat, dan sumber bahan baku yang diolah di Indonesia menjadi barang jadi dan berasal dari masyarakat.


Peserta Training of Trainer ESQ Leadership Center berfoto bersama CEO ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian di Menara 165


"Kita lihat Jepang, Cina, atau Korea Selatan. Katakan Jepang SDA-nya kecil tapi bisa manufaktur yang hebat. Bahan bakunya sedikit, tapi di Indonesia kita punya SDA-nya. Makanya saya sebut, teknologi dan kapital. Kita perlu perkuat, kompetensinya kita punya, jadi harus diperkuat seperti pak ary antara kompetensi teknologi, industri dan juga spiritual. Ini menjadi suatu yang bisa membangun industru secara utuh," ujar dia mengakhiri.


Salah satu langkah tersebut, lanjut Made, adalah mengikuti rangkaian Training Of Trainer dari ESQ Leadership Center. Hal tersebut, kata dia,  untuk memberikan skil dari tim trainer untuk mengisi kegiatan IBIMA dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Mandiri dengan industri.


"Hari ini adalah (Training of Trainer) dari tim trainer yang akan kita bentuk untuk mengisi kegiatan kita di seluruh indonesia bukan hanya di Jakarta saja," ujar dia.mengakhiri.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA