Senin, H / 28 November 2022

Hari Buku Nasional untuk Memajukan Peradaban Bangsa

Kamis 17 May 2018 11:10 WIB

Singgih Wiryono

Hari Buku Nasional

Foto: freepik.com

ESQNews.id, JAKARTA - Hari ini, 17 Mei ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional oleh Pemerintah Republi Indonesia. Indonesia menetapkan 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional atas usulan Menteri Pendidikan dalam Kabinet Gotong Royong 2002 silam.


Muncul pertanyaan, mengapa Hari Buku di Indonesia tidak diperingati bersamaan dengan Hari Buku Internasional yang jatuh pada 23 April. Tinjauan sejarah memberikan penjelasannya.


17 Mei 1980 silam adalah momentum peresmian dari Perpustakaan Nasional. Tidak hanya sebagai bentuk seremonial belaka, penetapan Hari Buku Nasional juga bertujuan untuk memajukan peradaban bangsa Indonesia.


Salah satu indikator majunya peradaban sebuah bangsa adalah seberapa banyak literasi dan tingkat minat baca bangsa tersebut. Itulah mengapa ada hari buku nasiona, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.


Indonesia saat ini dinilai sebagai bangsa dengan minat baca yang rendah. Pada tahun 2017, terhitung hanya 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahun. Jika dibandingkan dengan Jepang, ada 40 ribu judul buku per tahun, dan Tiongkok dengan 140 ribu judul buku per tahunnya.


Bisa kah Indonesia maju jika literasi dan minat baca di Indonesia masih rendah?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA