Jumat, H / 29 Maret 2024

Bandara Soekarno-Hatta Kembali Raih Best Aiport Of The Year 2018

Senin 10 Dec 2018 10:42 WIB

Reporter :Redaksi

Penerimaan penghargaan bandara

Foto: Istimewa

ESQNews.id, TANGERANG - Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali meraih penghargaan berupa Best Airport of The Year dalam ajang Bandara Awards 2018.  Terminal 3 menyabet juara pertama dalam ajang yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bekerja sama dengan Majalah Bandara. 


Terminal 3 menyisihkan bandara lain melalui survey yang dilaksanakan atas 105 bandara, mulai dari Sabang sampai Merauke sejak bulan April hingga Oktober 2018.  Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, penganugerahan Bandara Awards 2018 ini digelar bertujuan untuk memberikan reward  agar pengelola bersaing secara sehat dan mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan. 


“Kami sebagai regulator, terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelola bandara yang ada di seluruh Indonesia. Hal itu bertujuan untuk selalu menjaga dan meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan. Untuk itu peran serta masyarakat dan media juga dibutuhkan untuk memberikan tanggapan dan saran. Sehingga kedepannya dapat menjadi perbaikan atas semua aspek pelayanan dan operasional Bandara,” ujar Budi Karya Sumadi. 


Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti menyatakan, para pemenang dalam kompetisi ini diharapkan untuk tidak berpuas hanya dalam kompetisi kali ini. 


“Kami harapkan tidak berpuas sampai di sini, harus terus bersaing dan meningkatkan kualitas layanan dan mengelola bandara dengan lebih baik lagi,” terangnya. 


Chairman Bandara Indonesia Group Erwin Nurdin mengemukakan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta menyisihkan 105 bandara lainnya yang disurvei melalui kuisioner para penumpang. 


“Survei tahun ini mulai bulan April hingga Oktober 2018, dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh penumpang pesawat di 105 bandara,” kata Erwin. 


Hasil survei itu dijadikan acuan dewan juri untuk menentukan bandara-bandara yang layak memperoleh penghargaan.


Erwin mengatakan, dewan juri yang kredibel dalam bidang layanan ke bandar udaraan yang terlibat diantaranya adalah Herry Bakti S Gumay, Sapta Nirwandar, Tengku Burhanuddin, Dudi Sudibyo, Ninok Laksono, Otong Rukmana, Esthy Reko Astuty, Olivia Zalianty dan Polana B. Pramesti.


Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang menyampaikan, raihan penghargaan tersebut melengkapi pencapaian Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 2018 ini. 


Sebelumnya diketahui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan oleh OAG Megahubs International Index 2018, sebagai bandara Megahub dengan indeks konektivitas internasional terbaik ke-10 dari 50 bandara Internasional terbaik di dunia. 


“Kami sadar dan bersyukur kinerja kami sangat diperharikan oleh pengguna jasa. Setiap award yang kami terima menjadikan kami untuk terus memacu perbaikan layanan kami untuk terus lebih dan lebih dari pencapaian yang ada saat ini,” tutur Febri. 


Bandara Penerima Anugerah


Dewan juri mengumumkan secara lengkap para penerima anugerah Bandara Awards 2018 tersebut. 


Rinciannya sebagai berikut : 


Bandara Terbaik di UPBU Kelas III Melayani Penerbangan Perintis

UPBU Dabo (SIQ), Singkep (Juara 1)

UPBU Andi Jemma (MXB), Masamba (Juara 2) dan UPBU Harun Thohir (BWN), Bawean UPBU Raja Haji Abdullah (TJB), Tj. Balai Karimun.


UPBU Bintuni (NTI), Papua Bandara Terbaik di UPBU Kelas III Komersial

UPBU Tunggul Wulung (CXP), Cilacap (Juara1) UPBU Melalan (MLK), Melak (Juara 2),UPBU Tanjung Api (AMP), Ampana (Juara 3), UPBU Aek Godang (AEG), Padang Sidempuan (Juara 3)

UPBU Maimun Saleh (SBG), Sabang (Juara 3), UPBU Wunopito (LWE), Lewoleba UPBU H. Aroeppala (YKR), Selayar Bandara Terbaik di UPBU Kelas II

UPBU Abdulrachman Saleh (MLG), Malang (Juara 1).


UPBU Tambolaka (TMC), Sumba Barat Daya (Juara 2), UPBU Komodo (LBJ), Labuan Bajo (Juara 3), dan BU Umbu Mehang Kunda (WGP), Waingapu, serta UPBU Binaka (GNS), Nias

Bandara Terbaik di UPBU Kelas I

UPBU Kalimarau (BEJ), Berau (Juara 1)

UPBU Haluoleo (KDI), Kendari (Juara 2)

UPBU Radin Inten II (TKG),Lampung (Juara 3), UPBU Mozes Kilangin (TIM), Timika UPBU Juwata (TRK), Tarakan


Bandara Terbaik PT. Angkasa Pura II : 


Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 (CGK 3), Tangerang (Juara 1), Bandara Kualanamu (KNO), Medan (Juara 2)

Bandara Depati Amir (PGK),Pangkal Pinang (Juara 3), Bandara Sultan Thaha (DJB), Jambi, dan Bandara Supadio (PNK), Pontianak. 


Bandara Terbaik di PT. Angkasa Pura I : 


Bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali (Juara 1), Bandara S.A Muhammad Sulaiman (BPN), Balikpapan (Juara 2), Bandara Ahmad Yani (SRG), Semarang (Juara 3) Bandara Juanda (SUB), Surabaya, dan Bandara Adisutjipto (JOG), Yogyakarta.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA