Minggu, H / 05 April 2020

Hari ASI Internasional

Kamis 01 Aug 2019 10:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

Seluruh penjuru dunia telah menyepakati bahwa tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai ‘Hari ASI Sedunia’. Atau yang biasa dikenal sebagai World Breastfeeding Week.


ESQNews.id, JAKARTA – Mengapa diperingati Hari ASI Sedunia? Untuk mengingatkan para ibu-ibu akan pentingnya pemberian ASI eksklusif terhadap sang buah hati. Pemberian ASI lebih baik dibanding susu formula dan asupan lainnya (ketika anak berusia 0-6 bulan).


Karena itu, WHO-UNICEF membuat deklarasi yang dikenal dengan Deklarasi Innocenti (Innocenti Declaration) yang dibuat di Florence, Italia pada tahun 1990.


Deklarasi tersebut tetap ada hingga kini. Karena ASI ialah makanan terbaik bagi bayi dengan kaya manfaat. Diantaranya: mengandung zat gizi dan zat kekebalan tubuh, melindungi dari alergi, tidak akan pernah basi dan lainnya.



- Apa Itu Eksim Susu? (Bagian 1)

- Kemenperin: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, Industrinya Berkontribusi bagi Ekonomi


Namun mengenai hal ini (ASI), masih banyak para ibu yang enggan memberikan ASI-nya. Menurut riset, beberapa wanita takut putingnya digigit dan terluka, tidak mau ‘kendur’, karena sibuk bekerja dan lainnya.


Tenang untuk ibu yang bekerja tetap bisa menyusui bayinya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan ASI perah. Waktu penyimpanan ASI agar kualitas tetap terjaga: di udara bebas 8 jam, di termos es 24 jam, di lemari es atau kulkas 3 hari dengan suhu 4̊C, dan di freezer 14 hari.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA