Kamis, H / 28 Maret 2024

Hari Buku Anak Sedunia (World Children's Book Day)

Selasa 02 Apr 2019 11:44 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Budayakan membaca, dari membaca bisa mendapatkan wawasan yang lebih dan luas

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA – Hari Buku Anak Sedunia digagas oleh The International Board on Books for Young People (IBBY) tahun 1967. Tujuan IBBY adalah mempromosikan kegiatan membaca kepada anak-anak. Sehingga 2 April ditetapkan sebagai Hari Buku Anak Sedunia. Mengapa harus tanggal 2 April? karena bertepatan dengan hari kelahiran Hans Christian Andersen, seorang pengarang buku anak terkenal di dunia. Karya-karyanya sangat fantastis membuat buku bacaan untuk anak-anak seperti The Little Mermaid, The Ugly Duckling, The Little Match Girl dan Thumbelina. Andersen ingin menciptakan rasa tertarik anak untuk membaca, menambah kreativitas dan memiliki wawasan yang lebih luas dengan membaca.

 

Karya Andersen sangat simple dengan gaya bahasa yang menarik, mudah diakses anak-anak, gaya Bahasa yang ringan sehingga mudah dicerna, terdiri dari 125 bahasa terjemahan. So, tidak ada alasan untuk tidak membaca buku anak-anak karena semuanya serba mudah.

 

Nyatanya anak-anak era modern ini sangat minim dalam minat membaca. Mereka lebih pro ke gadget dengan konten diatas rata-rata usianya. Anak-anak lebih senang dengan dunia maya seperti youtube, main game via handphone dan lainnya. Pengawasan orangtua terhadap anak harus lebih ekstra karena dari handphone semua bisa diakses dan berbagai macam fitur tersedia.

Baca Juga: Saatnya Ayah Berkisah 

Di hari buku anak sedunia ini diharapkan orangtua atau pihak sekolah meluangkan waktu merayakannya. Contoh acaranya seperti mengadakan membaca buku anak-anak secara serentak, membuat kompetisi menulis dengan berbagai macam karakter, membuat illustrator dan lainnya.

 

Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang menang akan mendapatkan reward dari orangtua atau pihak sekolah. Dengan begitu, anak akan tertarik membaca dan melakukannya sebagai rutinitas harian.

Baca juga: Mendidik Anak Ala Orangtua Maudy Ayunda


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA