Jumat, H / 29 Maret 2024

Pentingnya Mendengarkan! Ini yang Membuat Anak Rindu Kepada Orangtuanya (2)

Selasa 07 Sep 2021 11:33 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: goodtherapy.org

Pengalaman yang kemudian membuatnya bercita-cita menjadi seorang ibu berkualitas yang melakukan hal terbaik untuk anak-anaknya.

 

Dari kisah ibu tersebut kita dapat belajar satu hal yang sangat penting, namun kerap terabaikan oleh para orangtua yaitu “mendengarkan” isi hati dan keluhan anak-anaknya.


<more>

 

Orangtua pasti menginginkan kebaikan bagi anak-anaknya, namun seringkali malah lebih banyak menasihati dan menceramahi, bahkan memarahinya.

 

Ada seorang anak remaja yang kalau ditelepon ibunya menjauhkan alat komunikasinya dari telinganya. Lalu sesekali ia akan mendekatkan ke mulutnya untuk berkata, “Ya Ma, ya Ma!” lalu menjauhkannya lagi dari telinganya. Ia sudah tahu bahwa ibunya hanya berbicara, namun tak mendengarkannya.


 

Ada anak lain yang kalau ditelepon ibunya, lalu temannya bertanya, ia menjawab, “Biasa...Nyokap nyanyi.” Bahkan ada yang menamai orangtuanya “Radio Butut”. “Siarannya itu-itu saja,” katanya.


Fenomena di atas tentu saja memprihatinkan. Orangtua yang seharusnya menjadi orang yang paling dekat dengan anak, serta tempat yang paling aman dan nyaman untuk mencurahkan isi hatinya (curhat), menjadi sebaliknya.


(Dikutip dari Buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida S Widayanti)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA