Senin, H / 08 Agustus 2022

Hidup Seperhatian Ini [Part 2]

Senin 02 Mar 2020 08:30 WIB

Author :M. Nurroziqi

ilustrasi

Foto: google pics

Oleh: M. Nurroziqi

ESQNews.id - Sepanjang kehidupan, Nabi Ibrahim A.s, menjalani dengan penuh kasih sayang, sangat perhatian terhadap kehidupan. Nabi Ibrahim A.s, pun memperkenalkan Allah Swt sebagai yang Maha Kasih dan Sayang. Maaf-Nya mendahului murka-Nya. Ini, terlihat di dalam doa Nabi Ibrahim A.s, yang terdapat pada Q.S. Ibrahim: 35-36. ""Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala." (35). "Ya Tuhan-ku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barang siapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barang siapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."" (36).

>>> Sebelumnya: Hidup Seperhatian Ini [Part 1]

Betapa ini sebuah pengakuan. Bahwa siapapun yang mengikuti Nabi Ibrahim A.s, dianggap sebagai golongannya. Sedang yang tidak mengikutinya atau mendurhakainya, dipasrahkan kepada Allah Swt sebagai Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Ini, adalah bentuk perhatian yang mendalam Nabi Ibrahim A.s, terhadap siapapun dan apapun kondisinya. Yang mendurhakai tidak dimusuhi, tidak dimintakan adzab kepada Allah Swt atas kekafirannya. Tetapi dimohonkan ampun kepada Allah Swt. Diserahkan kepada Allah Swt Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Dan atas sikap belas kasih nan penuh perhatian yang diteladankan Nabi Ibrahim A.s, ini, adakah telah menjadi teladan dalam keberagamaan kita selama ini? Bagaimana sikap kita terhadap mereka yang tidak seiman? Atau, bagaimana akhlak kita terhadap mereka yang seiman tetapi tidak sealiran?


Nabi Muhammad Saw pun juga bersikap penuh perhatian terhadap segenap umat. Sungguh luar biasa belas kasih beliau Saw kepada kita semua. Tetapi, kita yang mendaku sebagai umat beliau Saw, terkadang bersikap dan berakhlak yang jauh menyimpang dari segala apa yang telah diteladankan. Betapa tidak sedikit sikap pengkafiran atas saudara-saudara seiman. Bahkan, terhadap yang bukan seiman disikapi lebih kejam dan menyakitkan. Bukankah Nabi-Nabi terdahulu, terutama Nabi Muhammad Saw selalu mendambakan seluruh umat selamat dengan berada di jalan yang benar? Dan bukankah Nabi Muhammad Saw juga telah memerintahkan agar hanya dengan cara-cara indah ajaran Islam diperkenalkan?

<more>

Nabi Ibrahim A.s, dan Nabi Muhammad Saw, adalah dua manusia hebat, penuh kasih-sayang, sungguh dalam perhatian mereka terhadap umat manusia. Rasul yang paling tidak tega jika umat manusia terhimpit celaka karena durhaka. Atas keagungan akhlak, belas kasih dan penuh perhatian, nama keduanya diabadikan dalam doa yang dibaca ketika Shalat di saat Tasyahud. Tentu, tidak semata sebagai rutinitas dan rukun sebuah ibadah. Tetapi, juga menjadi pengingat agar kita semua terlebih yang mendaku sebagai umat Islam, benar-benar meneladani keagungan akhlak Rasul pilihan.

 

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Sebagaimana telah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarga Nabi Muhammad. Sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Bahwasanya Engkau Tuhan Yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia di seluruh alam."

Semoga, kita dianugerahi sifat kasih sayang nan penuh perhatian. Sehingga bisa berakhlak mulia terhadap apa dan siapa saja.



*M. Nurroziqi. Alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya. Penulis buku-buku Motivasi Islam.

Ingin tulisan Anda dimuat di ESQNews.id? Segera kirimkan  pada email redaksi@esq165.co.id!



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA