Senin, H / 08 Agustus 2022

Agar Istiqomah Shalat Tahajud, Ini Kiatnya!

Rabu 13 Feb 2019 11:54 WIB

Author :Titin Nuryani L. Wiyono

ilustrasi shalat tahajud

Foto: istock

ESQNews.id - Kali ini ESQNews akan berbagi tips bagaimana agar tidak malas mengerjakan Shalat Tahajud. Adapun kita yang sudah mantap niat ingin sholat tahajud terkadang terlalu nyenyak tidurnya. Saking nyenyaknya bangun-bangun sudah berkumandang adzan subuh di masjid atau suara ibu yang berteriak membangunkan anak-anaknya. Ada yang pengalaman?


Baiklah, jadi kira-kira apa penyebabnya?
Padahal niat sudah mantap betul,
Tapi kok susaaaahhh sekali rasanya buat bangun di sepertiga malam.



Coba pikir-pikir lagi apa sih penyebabnya? Bingung? Coba di simak mungkin saja ini yang bikin kamu sering susah bangun malam hari untuk mengerjakan sholat tahajud.


1. Kamu hobi begadang sampai larut malam; biasanya main handphone, scroll sana-sini hingga lupa tidur dan ingat-ingat udah pukul 12.00. Ckck.. hayoo..



2. Malas buat pasang alarm atau sudah pasang alarm namun saat alarmnya nyala gak kedengaran atau juga alarmnya sudah nyala kamu dengar lalu matikan alarmnya dan kembali tarik selimut akhirnya tidur lagi.



3. Kurang tidur atau terlalu kecapekan di siang harinya.



4. Sudah bangun tapi takut ke kamar mandinya untuk berwudhu, takut ada makhluk yang bikin kamu pingsan. Padahal itu cuma halusinasi saja, gengs. Ingat, itu salah satu godaan setan.



Nah, mungkin salah satu penyebab yang sama dan bikin kamu susah buat bangun malam untuk sholat tahajud.

Mungkin ada alasan-alasan lain yang juga bikin kamu susaahhh bangun.


TIPS AGAR ISTIQOMAH MENGERJAKAN SHALAT TAHAJUD

1. Tidur di awal waktu, Jangan tergoda untuk begadang hingga larut malam.

2. Jangan lupa memasang alarm atau berpesan kepada anggota keluarga untuk membangunkanmu di sepertiga malam.

3. Sempatkan untuk tidur di siang harinya.

4. Rutinkan untuk bangun di malam hari sekali dalam seminggu, dua kali dalam seminggu, tiga kali dalam seminggu, lalu setiap hari terus menerus hingga menjadi sebuah kebiasaan.



Yang pasti kalau kita sholat tahajud ikhlas semata-mata karena Allah.
In Syaa Allah pasti apapun yang kita inginkan apapun yang kita harapkan suatu saat pasti Allah kabulkan.



Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Dimalam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malam nya." (HR.Muslim) "Do'a yang kau panjatkan saat tahajud. Ibarat lesatan anak panah yang tidak meleset dari targetnya." {Imam Syafi'i}


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA