Jumat, H / 29 Maret 2024

3 Cara Meningkatkan Imunitas

Minggu 06 Sep 2020 18:08 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: beaconpage.com

ESQNews.id, JAKARTA – Banyak orang yang lebih ekstra menjaga kesehatan di masa Pandemi Covid-19 ini, lebih intens dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Misalnya, kita melakukan olahraga secara rutin, menjaga pola makan dengan teratur, konsumsi vitamin, mengikuti protokol kesehatan dan lainnya.


Semua orang yang wilayahnya sudah terjangkit virus corona khususnya di Indonesia diharapkan jangan panik namun tetap waspada. Mengutip dari republika.co.id, bahwa ada cara bagi seorang muslim dalam menjaga imunitas diri.


Cara-cara yang dilakukan Rasulullah SAW di pagi hari, agar imunitas diri semakin kuat yaitu:


1. Qiyamul Lail


Lakukan shalat Qiyamul Lail (tahajud) meskipun hanya dua rakaat. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Muzammil ayat 6 yang artinya, “Sungguh bangun malam itu lebih kuat untuk diri dan jiwa manusia." Kekuatan diri ini adalah imunitas yang bisa didapatkan dengan cara qiyamul lail.


2. Tilawah Al-Quran


Tilwah Al-Quran juga dianjurkan untuk dibaca pada saat qiyamul lail sebagaimana dalam surah Al-Muzammil ayat 4, yang artinya, "Bacalah Al-Quran dengan perlahan-lahan saat qiyamul lail atau bacalah Al-Quran di waktu Fajr (Subuh). Sebab bacaan Al-Quran di waktu fajar disaksikan oleh para malaikat."


3. Shalat Subuh


Selanjutnya adalah dengan cara Shalat Subuh. Dalam hadis riwayat Muslim disampaikan bahwa Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa yang Shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah." Shalat Subuh akan membuat diri kita dijamin oleh Allah SWT. Kita akan dijamin rezekinya, dijamin keselamatannya serta dijamin insyaAllah dari wabah atau penyakit dan musibah apapun.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA