Sabtu, H / 26 September 2020

Mahasiswa Baru Unpas Menjadi Relawan Anti Narkoba

Selasa 03 Sep 2019 11:45 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Deklarasi relawan mahasiswa anti narkoba, Unpas salah satu kampus yang peduli terkait penyalahgunaan narkoba

Foto: ESQ Media

Peran strategis Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam lingkungan kampus yaitu harus menjadi motor penggerak masyarakat anti narkoba di lingkungan kampus.


ESQNews.id, JAKARTA – Narkoba banyak memakan korban menjadi aksi candu. Misal situasi di Provinsi Jawa Barat perihal penyalahgunaan narkoba kian mengkhawatirkan. Pecandu di Jawa Barat berdasarkan data dari Pusat Penelitian Data dan Informasi Badan Narkotika Nasional (Puslitdatin BNN) RI tahun 2017 sebanyak 612.590 orang. Dan 80% penyelundupan narkoba di Indonesia menggunakan jalur laut.


Karena permasalahan ini serius dan perlu ditindaklanjuti, Unpas salah satu perguruan tinggi swasta ini peduli kasus narkoba. Saat sidang terbuka senat penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020 membawakan tema "Mempersiapkan generasi emas bebas dari penyalahgunaan narkoba" di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha), Bandung.



- Ini Kata Mahasiswa Baru Unpas Terkait Ospek Tahun Ajaran 2019-2020

- 3.400 Maba Unissula Ikuti Character Building ESQ


Total mahasiswa baru Unpas tahun 2019 saat ini sebanyak 4503 dan kurang lebih 4200 mahasiswa baru Unpas menjadi relawan anti narkoba. Mengapa pihak Unpas maupun sang rektor, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom mendukung? Karena melihat keadaan sekarang yang semakin memprihatinkan. Narkoba bisa dalam bentuk permen, minuman, serbuk dan lainnya.


"Kita harus tetap waspada, jika ada makanan atau minuman yang aneh dan tidak kita kenal sebaiknya hindari untuk mencoba-coba," ucap Brigjen Dr Victor SpB, BNN.




- Deden Ramdhan, Wakil Rektor 3 Unpas: Ini Cara Kami Mengupgrade Unpas, Termasuk Siraman Values ESQ

- Cara Memperlakukan Anak, Pergaulan Anak Zaman Now, Hingga Pesona Pulau Sangiang


Para millenials merupakan sasaran empuk para bandar-bandar. Pihak kampus tak mau kasus ini terjadi di lingkungannya. Dan rektor pun salut, mahasiswa Unpas sangat antusias dan menjadi relawan tanpa dibayar sepeser pun.


Mahasiswa Unpas menjadi relawan terbanyak se-Jawa Barat. "Kita sama-sama mencegah karena memberantasnya itu bukan hanya dari BNN, polisi, kita sebagai unsur masyarakatnya juga dari kaum akademis. Unpas mendapat penghargaan bahwa Unpas merupakan kampus ter-bersih dari bebas narkoba," papar Deden, Wakil Rektor 3 Unpas.


Tujuan mendeklarasikan kegiatan tersebut agar memberikan sensasi menarik kepada mahasiswa masuk kedalam Rekor ORI (Original Rekor Indonesia).


Dan tujuan pembentukan relawan anti narkoba sebagai fasilitator yang menjembatani BNN dengan seluruh stakeholder, sebagai motivator yang menggerakan masyarakat untuk terlibat dalam usaha penengahan. Penyuluhan masyarakat yang memberikan pengetahuan dan pemahaman melalui sosialisasi terkait narkoba.


Banyak sekali nilai positif dari kampus Unpas ini. Adanya kedekatan antara rektor, dekan, dosen, kepada mahasiswa terjalin sangat harmonis sudah seperti kawan. Sehingga mahasiswa saling terbuka apabila ada masalah bisa diskusi bersama, ada kesulitan dalam belajar dan lain-lain.


Pelibatan kampus dalam upaya P4GN:

. Promosi hidup sehat tanpa narkoba, sebagai edukasi terdepan informasi bahaya narkoba.

. Membentuk relawan anti narkoba.

. Pembinaan lingkungan bersih narkoba.

. Fasilitator  pembangun sinergitas program dan  kegiatan P4GN baik di internal maupun eksternal lingkunagn kampus.


Narkoba No, Prestasi Yes, Unpas Yes Yes Yes!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA