Senin, H / 28 November 2022

Ini Kata Mahasiswa Baru Unpas Terkait Ospek Tahun Ajaran 2019 - 2020

Senin 02 Sep 2019 16:53 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Masa Orientasi dan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Unpas di Sabuga ITB, Bandung

Foto: ESQ Media

Setiap kehidupan akan ada masanya mendapatkan 'guru' yang berharga, menjadi bekal untuk kehidupan esok dan seterusnya. 


ESQNews.id, JAKARTA -  Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, yang dikenal dengan Ospek. Ospek biasanya diadakan di setiap instansi sekolah, perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Secara universal, ospek bertujuan untuk hal-hal yang positif. Misalnya untuk memperkenalkan sekolah atau kampus tertentu dari sisi yang lebih luas. Mengenai sarana dan pra sarana yang tersedia, aturan atau visi misi yang tersedia agar semua yang bersangkutan bisa selaras menjalankannya.


Namun ada saja cara yang salah dalam mengaplikasikan kegiatan ospek tersebut. Menjadi ajang kesempatan untuk balas dendam para senior ke junior misalnya. Dengan cara membentak, memaki bahkan bermain fisik, itu bisa dibilang tidak ada esensi maupun faedahnya.


Berbeda dengan salah satu kampus swasta ini Universitas Pasundan, Jawa Barat. Yang saat ini sedang melaksanakan sidang terbuka senat penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020, atau yang disebut dengan ospek Universitas. Kegiatan ini berlaku selama 2 hari mulai tanggal 1 - 2 September 2019.



- Mahasiswa Baru Unpas Menjadi Relawan Anti Narkoba

- Hasilkan Lulusan Berkarakter, Akper & Akfis RS Dustira Ikutkan Mahasiswanya Training ESQ


Kegiatan ospek yang Alhamdulillah berjalan lancar, memiliki impact kepada pihak Unpas maupun mahasiswa baru itu sendiri. Diisi dengan berbagai materi yang menarik dari BNN dan ESQ.


BNN sendiri membahas mengenai bahaya dari narkoba, dampak buruknya, sekaligus mengajak mahasiswa Unpas menjadi relawan anti narkoba. Sedangkan ESQ banyak hal yang dibahas, salah satunya yaitu memberikan ilmu untuk bekal para mahasiswa saat menghadapi kehidupan khususnya di kampus.


Sebagai rasa antusias mereka tumpahkan dalam sebuah testimoni. Ini beberapa kesan, pesan maupun harapan mereka.


Bersinar Zahra dari padalarang Bandung Barat, asal sekolah dari SMAN 1 Padalarang. Fakultas Hubungan Internasional memaparkan tanggapannya.


"Kegiatannya menyenangkan, seru dan bisa ngajak kita tuh menjadi lebih sadar lagi bahwa hidup kita itu bisa menjadi lebih baik dan dapet banyak ilmu yang kita dapat. Kesan mengikuti kegiatan yaitu fikiran kita menjadi terbuka. Dan pengen belajar lebih giat lagi. Dan sebisa mungkin membahagiakan orang tua. Untuk ESQ sering-sering di adakan kegiatan sharing-sharing untuk anak Unpas biar mereka terbuka fikirannya Hehe. Harapan dan motivasi ingin menjadi mahasiswa yang bener-bener belajar, mendapatkan IPK yang tinggi dan jadi lulusan yang berkualitas. Saya pengen banget sih jadi duta besar," tuturnya.



 

Bili Putra, asal dari Subang, SMAN 1 Subang, Jurusan Manajemen Unpas.  "Kegiatan senat ini sangat bagus dan sangat memotivasi. Untuk penyampaian dari BNN tadi itu kita dituntut untuk mengetahui bahwa narkoba itu benar-benar berbahaya. Dan kita diberi arahan dan motivasi untuk hati-hati dan menjauhi narkoba. Alhamdulillah setelah mengikuti kegiatan ESQ ini saya menjadi termotivasi untuk benar-benar meraih cita-cita saya, pokoknya sangat keren lah. Adapun motivasi saya kuliah di Unpas ini yaitu untuk membahagiakan orang tua saya dan mewujudkan cita-cita saya sebagai pebisnis," paparnya.



Andre dan Wildan pun ikut memberikan kesan tersendiri dan alasan mengapa mereka ada di Unpas. Dengan pendapat yang tentu berbeda-beda. "Ikut saudara yang juga kuliah di Unpas, mengapa? karena menjadi pilihan terakhir, udah pernah daftar ke perguruan tinggi negeri namun tak lolos. Kemudian dapet temen baru, dapet pengalaman baru, dapet cape juga. Mengenai ESQ insyaAllah bisa di aplikasikan bukan sekedar di dengar saja atau di lihat," jelas mereka bersamaan. 




- Deden Ramdhan, Wakil Rektor 3 Unpas: Ini Cara Kami Mengupgrade Unpas, Termasuk Siraman Values ESQ

- Bunda Baca Indonesia dari Musi Rawas


Terus pertahankan nilai positif yang sudah tertanam dalam diri agar tumbuh seperti apa yang diharapkan dan membuahkan hasil yang manis.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA