Selasa, H / 04 Agustus 2020

Apa Itu Stress? Ini Penjelasan dr. Clarin Hayes

Selasa 09 Jul 2019 10:14 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

dr. Clarin Hayes, dokter muda asal Surabaya

Foto: Instagram @clahayes

ESQNews.id, JAKARTA – Stres merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Stres mungkin hampir setiap orang mengalaminya, namun tergantung bagaimana cara setiap orang dalam menanggulanginya.

 

Melansir dari channel Youtube 'Clarin Hayes' posting pada 26 Januari 2018 lalu. Mengapa stres ini harus diatasi? Karena stres akan menjadi akar atau sumber dari penyakit lain. "Misal kalian stres terus banyak makan jadi diabetes, obesitas dan penyakit lainnya yang bermunculan," paparnya.


Atau tekanan darah meningkat akibat stres jadi hipertensi bisa jadi stroke, jantung dan aterosklerosis.



- Clarin Hayes: Jangan-jangan Kamu Post Holiday Syndrome

Kuliah di ESQ Business School, Menjadi SarjanaBisnis Berkarakter

 

Stres menurunkan imunitas tubuh, membuat tubuh menjadi rentan dengan berbagai macam infeksi dari luar. Menurut WHO (World Health Organization) sebuah organisasi kesehatan dunia yaitu “Health epidemic on the 21st century” karena itulah harus kita atasi.


Lalu stres itu apa sih? Stres adalah suatu respon fisiologis tubuh terhadap situasi fisik dan emosional yang tidak diinginkan. Jadi keadaan-keadaan yang membuat kita baik secara fisik maupun emosional itu harus beradaptasi disebut dengan stressor. Sebuah keadaan yang mendesak atau terburu-buru sehingga membuat diri menjadi stres.

 

Tubuh merespon stres ini dengan 2 jalur:

. HPA AXIS (Hipothalamus Pituitary Adrenal Axis), intinya tubuh akan merespon dengan mendengarkan kortisol (hormone stress)

. Aktivasi sistem saraf simpatetik, yang akan menghasilkan hormon adrenalin dan noradrenalin

 

Efek stres ?

. Detak jantung lebih cepat

. Tekanan darah meningkat


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA