Sabtu, H / 11 Juli 2020

Apa itu Snap-On Smile dan Manfaatnya untuk Gigi?

Kamis 04 Apr 2019 09:48 WIB

Author :drg. Farida/FDC Dental Clinic

Snap-On Smile untuk gigi

Foto: e-dental

ESQNews.id - Kebutuhan masyarakat akan senyum yang menawan dan representatif sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok karena senyum merupakan hal pertama yang kita tampilkan sebelum interaksi lain dengan orang-orang disekitar kita. Kebutuhan akan senyum yang sehat terkadang tidak dapat dicapai karena beberapa faktor; karies dibeberapa tempat dengan perawatan saluran akar, fraktur karena kecelakaan, gigi yang berjeda (diastema), perawatan implant yang membutuhkan waktu utk bersatu dengan jaringan tulang.


Ini semua memerlukan perawatan jangka panjang yang berkesinambungan, waktu yang panjang ini menghadirkan tantangan tersendiri dalam praktek kedokteran gigi. Kebutuhan pasien akan mahkota sementara dan senyum yang representatif untuk melaksanakan tugas keseharian. Snap on smile hadir untuk menjawab kebutuhan ini, kebutuhan pasien akan estetik di rongga mulutnya.




Apakah itu Snap On Smile?

Snap on smile adalah gigi tiruan lepasan yang dapat digunakan tanpa pengurangan jaringan gigi, tanpa suntik, penyemenan atau lem. Designnya yang fleksibel, kuat dan fungsional. Bahan acetyl resin yang digunakan memungkinkannya untuk menutupi permukaan gigi dan memeluk gigi dengan kuat sehingga pasien dapat makan dan berbicara tanpa harus khawatir alat lepas atau longgar.

Baca juga : Mencegah dan Mengobati Halitosis, Bau Mulut Kronis

Snap on smile sangat unik, dapat digunakan tanpa pengasahan gigi, sangat tipis dan cukup kuat. Memiliki warna yang sama dengan gigi. Dapat digunakan sebagai makhota, jembatan atau gigi tiruan sementara yang dapat digunakan untuk makan, minum dan memenuhi kebutuhan estetik. Snap on smile tersedia untuk rahang atas dan rahang bawah, memberikan senyum sehat dan cantik bahkan pada gigi yang bernoda, berjeda atau hilang.

Snap on smile tidak menekan gusi dan tidak menutup langit-langit mulut. Sangat membantu untuk pasien usia lanjut yang tidak dapat melakukan perawatan invasif. Pada kelainan periodontal bisa digunakan sebagai splin dan mudah dibersihkan.


Dibuat dari resin termoplastik dan asetil yang bebas monomer, bahan ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi restoratif seperti parsial, jembatan sementara dan pengelola ruang, retainer dan splint. Bahan ini tahan lama, fleksibel dan ringan, dan akan menahan bruxism dan grinding tanpa retak.


Fitur dan manfaat resin ini meliputi :

·         stabilitas warna

·         hidrofobik

·         ketahanan abrasi tinggi

·         porositas rendah

·         tidak menyimpan bau

·         kekuatan tarik dan guncangan yang tinggi

·         daya tahan yang baik

·         memori elastis tinggi

·         konduktansi termal rendah

·         self-lubricating

·         anti alergik dan tidak beracun

·         sangat mudah dipoles


dengan sifat-sifat resin tersebut, insikasi penggunaan snap on Smile cukup luas. Snap on smile sangat cocok bagi:

1.      gigi berjeda, noda dan gigi hilang

2.      indikasi pengguna bridge atau implant yang membutuhkan mahkota atau jembatan sementara

3.      pasien dengan kebutuhan penampilan yang baik dan minimum invasif

4.      pengganti gigi tiruan jangka pendek


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA