Jumat, H / 29 Maret 2024

Rahasia di Balik Bulan Ramadhan (3)

Rabu 29 Apr 2020 15:53 WIB

Reporter :Redaksi

Ilustrasi

Foto: en.shafaqna.com

Pada ibadah-ibadah yang sunnah pun terdapat pahala berlipat yang dijanjikanNya. Dan sudah tentu dengan amalan wajibnya yang kita kerjakan seperti shalat, puasa, zakat. Bahkan tak terbayar dengan pahala apapun di dunia, kecuali dengan Surga.

Sehingga dikatakan seseorang yang berpuasa wajib di bulan Ramadhan dengan ikhlas akan dipanggil dari pintu Surga secara khusus bernama Ar-Rayan. Maka sejahteralah mereka yang berhasil meraih lailatul qadr hingga terbit fajar.

Lalu siapakah kandidat yang layak mendapatnya? Ialah mereka yang istiqomah dengan ibadahnya, senantiasa mempersiapkan dan mempersembahkan amalan terbaik sejak awal bahkan sebelum Ramadhan. Dan berusaha tak sedikitpun berkurang kekhusyuannya hingga akhir.

Berusaha tak berubah kesungguhannya bahkan setelah ramadhan itu berlalu. Ia tetap menjadi hamba yang berjuang taqwa, bersungguh-sungguh hijrah mencari ridhoNya. Ia adalah orang yang senantiasa berikhtiar dan bertawakal untuk menjadi hamba yang dicintaiNya.

<more>

Begitu mulianya bulan Ramadhan, hingga pernah diriwayatkan dalam berbagai kisah para sahabat dan solihin dengan sungguh mempersiapkan yang terbaik untuk bulan ini. Mereka rela menabung sebagian hartanya selama setahun, untuk berlomba disedekahkan secara khusus di bulan ini.

Mereka juga mengencangkan ikat pinggang bahkan meminta izin menjaga jarak dengan istri-istrinya di sepuluh malam terakhir agar dapat beritikaf dengan khusyuk kepada Allah.

Lalu bagaimana dengan kita sudah mau sepekan Ramadhan 1441 H ini berlalu? Dengan kondisi yang berbeda tentunya dikarenakan wabah yang sedang melanda negeri kita saat ini.

Namun sebetulnya selalu ada cara atau kesempatan untuk tetap maksimal beribadah. Dan bernilai kendati ibadah kita tahun ini lebih banyak dilakukan di rumah. Jadilah yang terbaik versi kamu, dengan caramu, jadilah tuan rumah yang baik bagi Ramadhan tamu kita. Semoga kita semua termasuk hamba-hamba yang tidak menyia-nyiakannya. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA