Senin, H / 08 Agustus 2022

Pensiun dan Haji

Kamis 05 Sep 2019 11:54 WIB

Author :Achmad Zaki

ilustrasi

Foto: dok.ESQ

Oleh: Achmad Zaki

ESQNews.id - Saat orang memasuki usia pensiun maka banyak hal yang berkurang, pendapatan berkurang, fasilitas berkurang, pengakukan dan penghargaan berkurang bahkan itu semua akan hilang bersama perjalananan sang waktu tak akan dimiliki lagi.


Apabila pendapatan, fasilitas, pengakuan serta penghargaan hilang artinya manusia sudah tidak memilikinya, kembali seperti sediakalanya saat pertama kembali di lahirkan, tak punya apa-apa dan bukan siapa-siapa.


Apa arti hikmah dibalik pensiun adalah dikembalikan ke fitrah aslinya manusia, hingga kelak akan memasuki masa pensiun yang sesungguhnya saat jantung tak mampu berdegub saat ruh berpisah dengan jasad. Tak membawa pendapatan, pengakuan serta penghargaan. Hanya amal kebaikan saja.


Begitupun Haji hakikatnya engkau sedang melapaskan baju duniamu untuk diganti dengan kain ihram yang melambangkan keikhlasan dan ketulusan tak ada pangkat, tak ada jabatan, tak ada pengakuan serta penghargaan yang ada engkau sedang dilucuti atribut asesoris kehidupannya untuk diingatkan kembali hakikat kehidupan bahwa kita bukan siapa-siapa dan tak punya apa-apa hanya iman dan taqwa sebagai jalan amal ibadah.


Apa hikmahnya baik pensiun maupun haji sama di lepaskan dari atribut-atribut ke duniawian agar engkau hanya bergantung kepada Allah SWT bukan kepada manusia bahkan kepada dunia, terbebas dari belenggu dunia menuju keabadian sejati perjumpaan dengan Rabbul Izzati.


wallahu a'lam bish-shawab


*Achmad Zaki

adalah Trainer ESQ yang dikhususkan untuk Program umrah dan haji ESQ Tours Travel.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA