Jumat, H / 29 Maret 2024

Ash Shabuur Asmaul Husna

Rabu 02 Oct 2019 17:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ash Shabuur, salah satu sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna

Foto: Instagram @ary.ginanjar

"Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi Jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan." (Surat Ali Imran (3): 120)


ESQNews.id, JAKARTA - Ash-Shabuur adalah nama Allah yang terakhir atau yang ke-99 dari 99 Asmaul Husna. Kata Ash-Shabuur berasal dari kata shabara yang berarti menahan diri.


"Terakhir anakku, hari ini kita menyadari keagungan 99 Asmaul Husna itu. Hari ini kita sadar bagaimana mungkin kita bisa menjalankan 99 sifat Asmaul Husna. Setiap satu sifat saja membuat air mata kita bercucuran," papar Ary Ginanjar dalam akun Instagramnya pada (2/10).


<more>


"Teruslah berjalan Nak, hingga kematianmu tiba. Teruslah berpegang teguh pada cahaya Allah, kepada Nur yang Allah berikan pada dirimu. Nak, jadilah orang yang sabar. Itulah sifat Tuhanmu yang terakhir, Allah Ash Shabuur Yang Maha Penyabar. Kesabaran-Nya sungguh tak ada batasnya. Maka teladanilah sifat Ash Shabuur itu, anakku," lanjutnya.


Sabar apabila dikaitkan dengan Allah dapat juga dibagi menjadi tiga: (Fakhruddin Nursyam):


  1. Shabr billah: yaitu menjadikan Allah sebagai sandaran dalam sabar, karena Allah adalah sebaik-baik penolong dalam mendapatkan kesabaran.

  2. Shabr lillah, yaitu menjadikan Allah sebagai motivasi baginya dalam bersabar, bukan karena demi keuntungan duniawi.

  3. Shabr ma’allah, kesabaran dalam menjalankan semua yang diperintahkan Allah.

 

Barangsiapa yang beriman dan membaca “Ya Shabuur” sebanyak 90x setiap selesai shalat fardhu. Insya Allah baginya akan diberi anugerah sifat kesabaran, sehingga tahan di dalam menerima berbagai macam cobaan. Di samping itu, akan dijauhkan dari kesulitan hidupnya. (Menurut diction.id)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA