Jumat, H / 29 Maret 2024

Allah Sangat Cemburu Apabila?

Kamis 12 Mar 2020 09:50 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: aboutislam.net

ESQNews.id, JAKARTA - Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah Taala cemburu. Dan kecemburuan Allah terjadi jika seorang hamba mendatangi (melakukan) sesuatu yang telah diharamkan baginya.” (HR. Bukhari)


Pelajaran yang bisa didapatkan dari hadist tersebut yaitu:

  1. Jika seseorang berbuat maksiat (sesuatu yang telah diharamkan baginya), Allah sangat cemburu padanya.

  2. Tanpa adanya muraqabah, seseorang memiliki presentase jatuh pada kemaksiatan lebih besar.

  3. Melatih diri untuk ‘menjaga’ perintah dan larangan Allah Taala, dimanapun dan kapanmu ia berada. Karena hal ini akan menumbuhkan sikap muraqabah dalam jiwa kita.

  4. Bagaimanapun juga, Allah pasti akan melihat, mendengar dan mengetahui segala gerak gerik kita. Meskipun kita sendiri mungkin tidak menyadari hal tersebut.



    <more>


Namun waktu terus berjalan, menuju ajal dan kematian kita. Sementara kita masih bergelimang dengan kemaksiatan. Sebuah pertanyaan yang menggetarkan hati muncul, ‘Akankah kita membiarkan diri kita terjerumus dalam neraka, dengan kemaksiatan yang kita lakukan?’


Ataukah kita akan memperbaiki diri dengan bermuraqabah kepada Allah agar kita jauh dari kemaksiatan. Dekat pada ketaatan hingga kita dapat menggapai ridha-Nya? Tanya pada diri kita masing-masing.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA