Jumat, H / 29 Maret 2024

Tips Puasa untuk Ibu Hamil agar Tetap Sehat dan Nyaman

Senin 08 Apr 2019 13:53 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Bagi wanita yang sedang hamil tentu merasa khawatir akan kesehatan bayi dan dirinya jika berpuasa. Islam tidak memberatkan suatu kaum, salah satu surat  menyebutkan tentang orang yang berpuasa. Surat Al-Baqarah: 184 menyatakan bahwa “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin”.

 

Ibu hamil bisa saja puasa lalu batal karena tidak kuat atau bahkan tidak berpuasa sekalipun. Tetapi, harus membayar fidyah seperti yang telah dicantumkan dalam surat Al-Baqarah. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil yang ingin berpuasa dan nyaman saat menjalaninya sampai saat berbuka tiba?

 

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada ibu hamil selama puasa:


  1. Memperbanyak konsumsi makanan yang sehat kaya akan karbohidrat, nutrisi, vitamin, protein, serat dan lainnya. seperti: ikan, daging, sayuran, umbi, kacang-kacangan, gandum, buah-buahan dan lain sebagainya.

  2. Perbanyak minum air mineral minimal 8 gelas per hari (4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka). Konsumsi susu untuk menghindari anemia dan menjaga perkembangan janin. Hindari kafein seperti teh dan kopi karena tubuh akan cepat mengalami dehidrasi.

  3. Menghindari makanan manis karena kadar gula dalam tubuh lebih cepat hilang dan menimbulkan rasa lapar kecuali pemanis alami seperti kurma, madu dan buah. Kurangi makan yang kadar lemaknya tinggi dan hindari makanan yang pedas karena bisa menyebabkan mual, mulas dan muntah.

  4. Kondisi badan ibu hamil tetap diprioritaskan. Jangan mengangkat benda atau beban berat (hindari pekerjaan yang melelahkan). Perbanyak istirahat atau rileks jangan sampai stres karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin dan dirinya.


Segera membatalkan puasa jika terjadi hal-hal seperti: muntah, lemas, pusing, demam kemudian konsultasikan ke dokter.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA