Minggu, H / 05 April 2020

Pengaruh Olahraga Pada Nyeri Menstruasi

Rabu 30 Jan 2019 16:33 WIB

Reporter :Yustia Andarini

Olahraga (Ilustrasi

Foto: good2grand.com

ESQNews.id, JAKARTA - Nyeri menstruasi atau dismenorrhea  sering kali dirasakan hampir setiap wanita ketika menstruasi. Ketika mengalami nyeri menstruasi biasanya diatasi dengan meminum obat nyeri seperti ibuprofen, namun tahukah anda jika hal sederhana dan menyehatkan seperti rutin beraktivitas atau berolahraga dapat mengatasi masalah nyeri menstruasi.  


Seperti dilansir Verrywellhealth, nyeri menstruasi ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah konsentrasi prostaglandins. Prostaglandins adalah suatu zat yang diproduksi oleh tubuh wanita pada lapisan uterus yang menjadi penyebab kontraksi otot-otot pada uterus.


Jika konsentrasi Prostaglandins semakin tinggi maka kontraksi otot uterus akan semakin sering, hal ini lah yang menyebabkan keram/nyeri saat menstruasi. Nyeri menstruasi yang dibebakan oleh prostaglandins atau yang biasa disebut sebagai dismenorrhea primer sering dialamai oleh wanita dibawah umur 20 an. Tapi tenang saja, hal ini bisa diatasi dengan berolahraga.


Berdasarkan data dari berbagai penelitian, diperkirakan bahwa olahraga yang teratur berhubungan dengan perubahan hormon dalam tubuh. Olahraga teratur selain dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi massa lemak dan meningkatkan massa otot, dapat menurunkan konsentrasi prostaglandins dalam lapisan uterus yang akan mengurangi keram atau nyeri saat menstruasi.


Oleh karena itu penggunaan obat-obatan pereda nyeri mensutruasi seperti ibuprofen sering digunakan karena bekerja mengurangi konsentrasi prostaglandins yang menyebabkan nyeri menstruasi. Namun jika dapat memilih jalan yang lebih menyehatkan dan menghemat uang seperti berolahraga, mengapa tidak?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA