Kamis, H / 28 Maret 2024

Liburan Mencerdaskan Anak, Inilah Alasannya

Kamis 20 Jun 2019 08:58 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Saat Liburan dan Bersantai Sejenak Bareng Keluarga di Bandung

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA - Liburan telah ada di depan mata. Anak-anak tentu menyambut dengan suka cita. Apa yang sudah Anda siapkan untuk mengisi liburan. Mengapa liburan penting untuk anak-anak?


Dilansir dari Parentcircle.com bahwa berdasarkan penelitian liburan dapat bermanfaat bagi perkembangan keseluruhan domain anak Anda. Mereka kembali dengan bahagia dan diperkaya, setelah mengalami dunia yang indah di luar rumah mereka dan terpapar pada budaya dan cara hidup yang berbeda.


Dari sekian banyak manfaat liburan, Amruta Deshpande mengurutkan pada posisi teratas adalah: Liburan menciptakan generasi yang lebih cerdas. 


Menurutnya, anak-anak akan selalu siap untuk petualangan baru dan liburan adalah cara terbaik untuk memelihara keinginan mereka untuk mempelajari hal-hal baru. Terbukti bahwa lebih dari pengetahuan teoretis, pengalaman praktis adalah cara yang lebih baik untuk mempelajari hal-hal baru.


Dalam sebuah artikel yang terbit dalam The Telegraph, The Science Behind How Holidays Make Your Child Happier and Smarter, Dr Margot Sunderland, seorang psikoterapis anak memaparkan tentang manfaat liburan. Menurutnya liburan keluarga memberikan anak lingkungan belajar yang kaya dengan pengalaman baru dalam pengalaman sosial, fisik, dan interaksi sensorik. 


“Lingkungan yang diperkaya memicu pupuk otak yang terkait dengan IQ lebih tinggi pada anak-anak dan menjelajahi tempat baru bersama, membantu membuat anak Anda lebih pintar,” paparnya.


Liburan keluarga membantu perkembangan otak anak, yang pada gilirannya meningkatkan konsentrasi dan bermanfaat bagi fisik dan kesehatan mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang bepergian mendapatkan nilai lebih tinggi di sekolah daripada mereka yang tidak.


Tunggu apa lagi segera rencanakan liburan anak Anda.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA