Kamis, H / 25 Februari 2021

Etiket Jamuan Bisnis dalam Forum Buka Bersama (2)

Jumat 24 May 2019 10:07 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

-  Matikan atau scilence alat-alat komunikasi Anda, seperti handphone, Ipad, dll saja agar tidak mengganggu konsentrasi. 

-  Ambil tempat duduk terlebih dahulu. Hindari meletakkan benda-benda benda-benda pribadi di atas meja karena memenuhi meja dan mengganggu pemandangan.

-  Setelah Adzan berkumandang dan jamuan makan tiba, lalu ber’doa. Setelah berdiskusi ringan sejenak letakkan serbet di pangkuan Anda. Bila akan meninggalkan meja, letakkan serbet pada kursi Anda bukan di meja.

-  Dahulukan pemakaian alat-alat makan seperti sendok, garpu mulai dari deretan paling luar di sisi kiri dan kanan Anda.

-  Atur kecepatan makan agar tidak terlalu cepat dan bernafsu,  dan jangan terlalu pelan juga. Selesai makan, lipatlah serbet dan letakkan di atas meja, di sisi kiri Anda.

-  Hindari bersendawa dengan keras. Hindari juga menguap tanpa menutup mulut.

-  Untuk para wanita, pastikan noda lipstik tidak mengotori  gelas. Sebaiknya tidak merapikan make up wajah di hadapan rekan bisnis Anda. Jika perlu, lakukan di toilet.

Jika jamuan sudah selesai bersegeralah melaksanakan Shalat Maghrib. Jika masih ada pembicaraan bisa dilakukan setelah Shalat Maghrib. Jangan lupa, jika Anda mengetahui etika dasar jamuan bisnis, selanjutnya akan mengeratkan hubungan relasi Anda dan memudahkan Anda meraih peluang bisnis.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA