Kamis, H / 04 Juni 2020

Cara Ampuh Mengatasi Stres, Ini Paparannya (1)

Selasa 09 Jul 2019 15:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

dr. Clarin Hayes, dokter muda sekaligus vlogger kesehatan

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA - Setelah mengetahui definisi dari stres, efeknya, dan mengapa perlu di tindaklanjuti. Ini ada cara ampuh mengatasi stres yang murah, mudah dan bisa praktekkan ini dirumah. Tentu saja sangat efektif dan enjoy untuk di aplikasikan.

 

Ada 5 cara atau teknik mengatasi stres yang sudah terbukti secara medis:


- Latihan pernafasan (breathing exercise) atau diaphragmatic breathing exercise

Ditandai kontraksi diafragma yang lebih kuat lalu perut kita akan melebar. Kita akan mengambil dan membuang nafas lebih dalam dari biasanya.




- Apa Itu Stress? Ini Penjelasan dr. Clarin Hayes

- Asal Usul Nabi Ibrahim Disebut dalam Tahiyat

 

Cara ini bisa menurunkan stres, karena ketika kita melakukan diaphragmatic breathing exercise kita akan merasa lebih rileks, frekuensi pernapasan menurun. Memaksimalkan oksigen yang diambil, menurunkan aktifitas saraf simpatetik dan meningkatkan saraf parasimpatetik jadi seimbang. Baik untuk kesehatan mental emosional kita dan lainnya.

 

Cara melakukannya: setiap bangun tidur, atau ketika tiba-tiba panik misalnya. Duduk dengan tenang atau berbaring, tarik nafas sebanyak 4x hitungan melalui hidung, buang nafas sebanyak 6-9x hitungan melalui mulut. Hingga udara di paru-paru kalian habis. Ulangi ini hingga 10x, untuk lebih dalam lagi alangkah baiknya ikuti yoga dan meditasi karena holistic sekali.



Adapun referensi dari sang wanita cantik ini untuk lebih detailnya: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/arti...



- Musik (mendengarkan lagu-lagu kesukaan)

Tinggal membuka aplikasi Joox atau spotify, lalu memakai earphone. Dengarkan lagu yang kalian suka atau sesuai suasana hati. Karena emotional experience kalian berbeda. Menurut penelitian musik ini mampu menurunkan kortisol sebagai respon tubuh terhadap stres.

 


 

[1]   [2]


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA