Jumat, H / 29 Maret 2024

Tips Pensiun Dini Agar Tetap Happy ala ESQ MPP

Selasa 26 Jul 2022 12:03 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: asarodriguez.com

ESQNews.id, JAKARTA – “Kegamangan karyawan terhadap pensiun dini itu wajar; apakah mereka akan sejahtera? Apakah mereka akan bahagia? Dan lain hal sebagainya,” itulah postingan yang diunggah oleh pemilik akun ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) pada akhir Juni 2022 kemarin.


Untuk itu, ESQ MPP bagikan beberapa tips agar pensiun dini mereka menjadi lebih menyenangkan, di antaranya:


>> Mulai bekerja sejak usia 20-an

Setiap orang mendambakan berhenti bekerja sebelum usia 50 tahun. Dan hal ini tidak akan bisa dicapai tanpa kerja keras 20-30 tahun sebelumnya. Oleh karena itu, syarat pensiun dini paling utama adalah bekerja keras dari sekarang.


>> Disiplin menabung tiap bulan

Disiplin menabung adalah salah satu syarat pensiun dini yang mutlak. Berapapun penghasilan Anda, tidak akan menghasilkan apapun jika tidak konsisten menabung. Dan tanpa tabungan cukup, Anda tidak akan bisa pensiun muda, karena harus masih terus bekerja memenuhi kebutuhan sehari hari.


>> Jalani gaya hidup apa adanya

Persiapan pensiun dini berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membiasakan hidup apa adanya. Jangan mudah tergiur dengan kemewahan hidup orang lain. Jika Anda memiliki circle pertemanan orang orang dengan pengeluaran tinggi, Anda tidak perlu memaksakan diri mengikuti gaya mereka.


>> Pelajari keahlian baru

Mempelajari keahlian baru adalah salah satu persiapan pensiun dini yang dapat Anda mulai dari sekarang. Keahlian-keahlian baru akan memberi banyak opsi agar Anda tetap produktif meskipun sudah berhenti menjadi karyawan. Beberapa opsi tersebut misalnya menjadi content creator, petani hidroponik, peternak lele, dan sebagainya.


<more>







Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA