Senin, H / 15 Juli 2024

Ratusan Guru BK Se-Solo Raya ikuti ESQ Coaching

Senin 31 Oct 2022 13:02 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, SURAKARTA – Sebanyak 154 guru Bimbingan Konseling (BK) SMA/MA/SMK se Solo Raya mengikuti ESQ Coaching.

Pelatihan bagi ratusan peserta anggota anggota Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Solo Raya yang digelar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan ESQ Business School Jakarta dibuka oleh Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si di Auditorium Moh., Djazman kampus UMS, Selasa (25/10/2022).

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dalam sambutannya ketika membuka kegiatan mengatakan , Indonesia memiliki visi besar, yaitu pada era golden age (100 tahun) Indonesia menjadi satu dari delapan negara besar di dunia yang terkuat dari sisi ekonomi.

Untuk mencapai visi besar tersebut diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Cerminan SDM unggul adalah orang yang di samping memiliki Intelligent Quotient (IQ) juga memiliki Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) serta kompetensi sosial.

“Tugas generasi bangsa kita ini adalah membangun bangsa Indonesia seutuhnya, tidak hanya dari sisi fisik saja, tetapi juga spiritual atau emosional. Membangun kompetensi sosial, bahkan kita sering kali mendengar bahwa orang Indonesia harus memiliki kompetensi sosial-budaya. Untuk itu kita bekerjasama dengan ESQ,” jelas Rektor UMS.



Dari panitia penyelenggara diperoleh keterangan, UMS juga memberikan apresiasi kepada 10 sekolah yang anak didiknya tercatat terbanyak dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 di UMS.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Drs. Sugeng, M.Si. menyampaikan kegiatan yang digelar bertujuan membangkitkan semangat guru dalam memberikan layanan terbaiknya dalam dunia serba canggih.

Sehingga nantinya para siswa dapat menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju dan menjadi SDM yang unggul.

“Membangkitkan semangat bapak ibu dalam memberikan layanan kepada para siswa sehubungan dengan globalisasi yang serba canggih. Dengan harapan bisa memberikan pencerahan pada anak-anak terutama pada siswa yang dididik di sekolah masing-masing,” bebernya.

<more>

Untuk menjawab harapan dan impian dari mereka, Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian mempunyai sebuah formula ilmu yang dinamakan ESQ Coaching. Dalam kesempatannya, Coach Putra selaku salah satu kader dari Founder ESQ Group itu memandu ratusan guru untuk memberikan pengetahuan terkait ilmu Coaching.

Metode Coaching adalah sebuah teknik bertanya dan mendengarkan seseorang tanpa ada unsur menasehatinya. Tujuannya adalah untuk menggali potensi yang ada pada dirinya (misalnya kepada sang murid), perencanaan strategi, bahkan mempunyai perencanaan untuk menyelesaikan permasalahannya tanpa diberikan saran atau masukan dari orang lain.



“Tujuannya untuk mengetahui cara menemukan diri Anda sendiri dan Anda juga bisa menyelesaikan permasalahan orang lain hanya dengan memahami ilmu ini. Biarkan dia mengalir, biarkan dia keluar dan biarkan dia menerangi alam semesta dengan cahaya yang Tuhan berikan di hatinya,” terang Coach Putra.

Kemudian Coach Putra pun menjelaskan dampak dari ilmu coaching, “Menurut deloitte millennial survey tahun 2018 mengatakan bahwa perusahaan dan pimpinan yang paling memilki keselarasan dengan milenial dalam hal purpose, budaya organisasi, dan pengembangan diri menunjukan kinerja keuangan lebih baik.”



Menurutnya, coaching is the art of asking the right questions. Lalu yang membedakan coaching ESQ ini dengan yang lainnya adalah mengkombinasikannya dengan 3 kecerdasan yakni intelektual, emosional, dan spiritual atau menemukan inner drive.

"Guru saya Pak Ary, pernah mengatakan bahwa Manusia bukanlah ember yang harus diisi, namun manusia adalah api yang harus dinyalakan," katanya.

Pelatihan coaching ini berlangsung dari pagi hingga sore. Kegiatannya tak hanya sekedar penyampaian materi saja, namun ada sesi diskusi, sharing, games, senam ringan, dan masih banyak hal lainnya sehingga acara ini berlangsung sangat meriah tapi kondusif. Sama seperti yang dirasakan oleh beberapa peserta paska mengikuti training ini.



Sehingga respon para peserta terhadap kegiatan seharian penuh itu sangat positif. Ada salah satu peserta yang memberikan testimoninya sebagau barikut:

"Ilmu ini luar biasa. Dengan Coaching, bisa membantu permasalahan siswa lebih cepat. 
Dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan ke dalam salah satu pendekatan untuk pembelajaran di sekolah dengan siswa."

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA