Selasa, H / 05 Juli 2022

Rahasia Haji, Endji Sunidja: Jadi Tamu Allah yang Mabrur

Rabu 25 Nov 2020 18:16 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Drs. H. Endji Sunidja, MM., M.Ag (Dewan Pengawas Syariah)

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Drs. H. Endji Sunidja, MM., M.Ag (Dewan Pengawas Syariah), Dr. Ir. Acep Riana Jayaprawira, M.Si (Anggota badan pelaksana bidang keuangan dan manajemen risiko BPKH), Babas Bastaman (SEVP Bisnis SME & Komersial BNI Syariah), Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (CEO ESQ Group), dan H. Maman Saepulloh, S.Sos., M.Si (Direktur Pengelolaan Dana Haji & SIHDU Kemenag RI) berada dalam 1 frame yang sama yakni Webinar Pra Manasik Haji dengan tema ‘Rahasia Haji’ secara gratis pada Rabu (25/11/2020) live by Zoom dan Instagram.

“Tujuan adanya acara Rahasia Haji ini, agar para peserta yang ada di sini menjadi tamu Allah yang mendapatkan ilmu, dan menjadi haji mabrur nantinya,” kata Endji Sunidja mengawali acara.

Event tersebut merupakan kerjasama antara ESQ, BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji), BNI Syariah yang diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai pelosok Nusantara. 

“Selamat datang para tamu Allah. Terimakasih untuk ESQ karena telah mengawali serta memimpin manasik haji. Bapak dan Ibu, selamat menjalankan bimbingan manasik, mudah-mudahan bisa berangkat ke tanah suci dan mabrur, aamiin,” lanjutnya.


<more>

Ibadah Haji merupakan Ibadah yang sedikit berbeda dengan ibadah lainnya. Tidak cukup dengan berdoa saja, namun harus benar-benar berusaha agar dapat melaksanakannya. Training ini membahas tentang Haji yang bukan sekadar perintah,  namun Haji yang mengajarkan tentang sikap optimis dan tawaqal dengan penuh rasa kesabaran kepada Allah SWT.



“Maka sebelum berangkat, para peserta di sini akan saya paparkan satu per satu pola pembinaan terkait pembiayaan, proses pelaksanaan, pembekalan dan lainnya. Karena ada beberapa dinamika terkait strata sosial, kebijakan, bahasa, budaya yang berbeda di negeri orang,” jelas Maman Saepulloh.



Sebelum Ary menjelaskan pandangannya terkait Rahasia Haji, ia memberikan sebuah pertanyaan kepada para peserta webinar melalui www.menti.com.

“Tolong jawab di link tersebut tentang apa yang selama ini membuat Anda semua bersemangat dan bahagia?”



Rata-rata dari mereka pun menjawab bahwa 70% karena kesehatan dan 30% karena anak.



Ary Ginanjar pun menambahkan tentang makna, hikmah, tujuan haji. Karena menurutnya, beberapa orang yang sudah pergi haji, ketika pulang ke Tanah Air belum terlihat perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Padahal ada beberapa tokoh seperti Pangeran Diponegoro, Imam Bonjol, Ahmad Dahlan dan lainnya, yang setelah pulang dari Tanah Suci menjadi haji mabrur dan pribadi yang lebih baik lagi. 

“Kuncinya adalah pahami Grand Why Anda, yakni alasan terbesar Anda adalah untuk mengabdi kepada Allah SWT. Saya mengetahui hal ini ketika Wukuf di Pada Arofah tahun 2001. Semenjak itu grafik kehidupan saya meningkat drastis secara eksponensial.”

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA