Minggu, H / 14 Juli 2024

Puluhan Direksi dan Komisaris Kementerian BUMN Gandeng ACT Consulting Gencarkan AKHLAK di Lingkupnya

Jumat 27 May 2022 21:26 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Andus Winarno (Asisten Deputi Bidang SDM Kementrian BUMN) menyampaikan sambutannya di awal sesi dalam Closing Onboarding Program Batch 4 BUMN Leadership & Management Institute. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat 27 Mei 2022 secara Hybrid ini merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan ACT Consulting.

 

Andus mengapresiasi para insan BUMN yang hadir, “Terimakasih kepada Wika, Mandiri, PLN, Jasamarga, dan lainnya yang sudah ikut support. Bapak dan ibu sudah hampir 9 minggu mengikuti acara ini, karena ini merupakan komitmen kita semua.”


 

“Seperti yang telah kita ketahui bahwa unleash talent menjadi salah satu prioritas di Kementerian BUMN. Hal ini diwujudkan dalam program transformasi human capital yang kita jalankan di Kementerian BUMN dan berdampak pula kepada  teman teman  yang ada di Kementerian BUMN.

 

Pria yang mewakili Deputi Bidang SDM Kementrian BUMN itu menjelaskan juga terkait program learning dan development,  “Melalui itu secara tidak langsung diharapkan insan BUMN bisa menjadi the center of learning, center of research serta center innovation. Itu yang kami bangun ke dalam BUMN.”


<more> 


“Seperti dengan organisasi yang telah dijalankan oleh teman teman, salah satunya yang telah dilaksanakan saat ini,” tuturnya.


Ia juga berharap kegiatan ini bisa membangun jaringan antara dewan komisaris dengan direktur, “Sehingga kami harapkan semua kapasitas pembelajaran ini bisa maksimal dan saling support. Sama sama saling belajar, bertumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia.”



 

Acara yang digelar melalui Zoom Meeting serta luring dari Studio 2 Wijaya Kusuma ini dihadiri oleh 30 Direktur BUMN dan 30 Komisaris BUMN.

 

Selain Andus, ada petinggi lainnya di BUMN yang turut mengikuti gelaran ini di antaranya Ivan Yustiavananda selaku Kepala PPATK, Agus Dwi Handaya (Board of Executive BLMI) serta jajarannya. Tak lupa, narasumbernya yaitu Founder dari ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian.


 

Sebelum penulis Buku ESQ itu memberikan paparannya dengan tema Penerapan AKHLAK dalam Kepemimpinan di Perusahaan BUMN, ada sebuah cuplikan video dari Menteri BUMN Erick Thohir yang menyampaikan bahwa, “Saya akan pimpin, saya akan kawal, mari wujudkan AKHLAK BUMN untuk Indonesia.”

 

Oleh karena itu, Ary memperjelas terkait Core Values AKHLAK tersebut, “AKHLAK inilah faktor penentu bagi Kementerian BUMN. Lalu mengapa AKHLAK menjadi sebuah core values? Jadi artinya kalau kita bisa melihat cara pandang Pak Menteri BUMN, bukan lagi tentang competency based. Tapi sudah menjadi sebuah moral etik based yang namanya AKHLAK.”




“A moral leader adalah pemimpin yang berperilaku sesuai dengan nilai nilai dan mampu menghubungkan tindakan sehari hari dirinya maupun mereka yang dipimpinnya dengan sebuah alasan mulia untuk kemanusiaan/masyarakat luas. Pemimpin tersebut juga mampu melihat keunikan setiap orang dan membangun hubungan yang bermakna. Mereka melihat pegawai bukan sebagai alat untuk mencapai tujuan melainkan potensi yang perlu dikembangkan,” jelasnya lagi.


Sebagai tanda salah satu support yang diberikan oleh Tokoh Pembangunan Karakter untuk Kementerian BUMN dan Erick Thohir yaitu menulis buku AKHLAK. Buku itu lahir dari hasil pemikiran Ary Ginanjar bersama Menteri BUMN tersebut sebagai upaya mewujudkan Indonsia Emas 2045.


"Saya adalah penulis buku AKHLAK bersama Pak Erick Thohir dan sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Buku ini di dalamnya ada panduan untuk memahami AKHLAK. Baik core valuesnya, behaviornya dan juga contoh bahkan sampai wisdom. Dan cocok untuk dibaca bersama keluarga," ungkapnya.


Ia menambahkan, "Dan buku ini menginspirasi serta menarik perhatian KemenPANRB, yang akhirnya Presiden RI me-launching ASN BerAKHLAK untuk seluruh Indonesia."




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA