Jumat, H / 22 Oktober 2021

PT Pelindo III, Trainer ESQ: Pegang 3 Hal Penting Ini Agar Menjadi Coach Profesional!

Rabu 18 Nov 2020 17:24 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Edi Priyanto, Direktur SDM PT Pelindo III menyapa sekitar 44 orang insan BUMN yang hadir di hari pertama acara berlangsung. PT Pelindo III berkolaborasi selama 4 hari, Senin-Kamis (16-19/11/2020) dalam Program Internalisasi Akhlak "Unlock The Akhlak Values / 3.0 Coaching Skill".

 

Trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Risman dan Astren Syaiful membawakan acaranya selama 4 hari penuh.



<more> 


“Mari kita review terlebih dahulu apa yang didapatkan bapak dan ibu selama seharian kemarin,” tanya Coach Risman.

 

Mereka menjawab bahwa secara keseluruhan sudah memahami materi coaching yang diberikan. Namun terkendala saat mempraktekkan secara langsung.

 

“Baik bapak dan ibu, sebagai Coach kita terlebih dahulu tanyakan terkait Goals atau impian Coachee. Tujuannya harus clear dulu sebelum langkah-langkah unclock akhlaknya,” jawab trainer ESQ itu.

 

Pria bertubuh tegap itu menayangkan salah satu slide pada layar zoom setelah bercerita tentang Kisah Tiko. Terlihat di sana ada sebuah gambar dan tulisan terkait goals. Risman menyampaikan goals terbagi menjadi 3 yakni Describe (apa yang diinginkan?), Design (apa yang dilihat, didengar?), Due Date (kapan? dimana?).



 

“Pegang 3 hal penting ini agar menjadi coach professional yaitu Describe, Design, dan Due Date. Tujuan defining goals ini adalah untuk memperluas cara pandang sehingga coachee dapat melihat dari seluruh sisi.”



 

Coaching menurut Ary Ginanjar adalah sebuah seni atau metode bertanya dan mendengarkan, tanpa disertai ceramah dan menasehati. Sehingga orang yang menjadi Coachee akan merasa nyaman dan rileks mengikutinya.


Coach adalah pelatih, dan Coachee yakni orang yang butuh bantuan Coach dalam menghadapi masalah, meningkatkan potensi diri, menggapai impian dan hal lainnya. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA